ROTASI AUDITOR, REPUTASI KAP, DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN: PERUBAHAN KAM SEBAGAI VARIABEL MODERASI

ADILAH, Gina and CHARIRI, Anis,(20 May 2024), ROTASI AUDITOR, REPUTASI KAP, DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN: PERUBAHAN KAM SEBAGAI VARIABEL MODERASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (167kB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (146kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (220kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (244kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (242kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi pengaruh rotasi auditor dan reputasi KAP terhadap kualitas laporan keuangan. Berdasarkan pandangan bahwa rotasi auditor membawa pandangan baru ke dalam audit, penelitian ini memasukkan perubahan hal audit utama (key audit matters/KAM) sebagai variabel moderasi ke dalam hubungan antara rotasi auditor dan kualitas laporan keuangan. Variabel independen, yakni rotasi auditor dan reputasi KAP, diukur menggunakan variabel dummy. Variabel dependen, yakni kualitas laporan keuangan yang diproksikan dengan manajemen laba, diukur menggunakan nilai akrual diskresioner. Variabel moderasi, yakni perubahan KAM, diukur menggunakan variabel dummy. Penelitian ini menggunakan data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2022-2023 dan sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling yang menghasilkan sampel akhir sebanyak 95 observasi. Di samping itu, penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi dalam menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa rotasi auditor tidak signifikan memengaruhi kualitas laporan keuangan. Namun, reputasi KAP secara positif memengaruhi kualitas laporan keuangan. Terakhir, hasil analisis juga menunjukkan bahwa perubahan KAM tidak signifikan memoderasi hubungan antara rotasi auditor dengan kualitas laporan keuangan. Analisis tambahan kemudian dilakukan untuk menguji ulang pengaruh rotasi auditor terhadap kualitas laporan keuangan dengan mengkategorikan rotasi auditor menjadi dua, yakni rotasi auditor KAP Big 4 dan rotasi auditor KAP non-Big 4. Hasil menunjukkan bahwa hanya rotasi auditor KAP Big 4 yang positif memengaruhi kualitas laporan keuangan.
Keywords : Auditor rotation, auditor size, key audit matters, financial reporting quality., Rotasi auditor, reputasi KAP, key audit matters, kualitas laporan keuangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Gina Adilah
Date Deposited: 29 May 2024 07:47
Last Modified: 29 May 2024 08:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item
View Item