SOCIAL COMPARISON, MATERIALISME, DAN FOMO SEBAGAI PENGARUH NIAT BELI KONSUMEN YANG DIDUKUNG OLEH CELEBRITY INFLUENCER (Studi pada produk Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++)

ZULKAMAL, Nabilla Dwiputri and INDRIANI, Farida,(22 May 2024), SOCIAL COMPARISON, MATERIALISME, DAN FOMO SEBAGAI PENGARUH NIAT BELI KONSUMEN YANG DIDUKUNG OLEH CELEBRITY INFLUENCER (Studi pada produk Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas dampak imitasi celebrity influencer. Celebrity influencer, yang menjadi objek utama perbandingan di media sosial, mendorong individu untuk meniru perilaku dan gaya hidup mereka. Perbandingan sosial sering kali berkaitan dengan aspek harta benda, yang mengarah pada materialisme sebagai pusat kehidupan atau sumber kepuasan dan fenomena "kehilangan" atau FOMO (Fear of Missing Out) juga ikut muncul, di mana kekhawatiran tentang ketidakterlibatan dalam pengalaman atau tidak memperoleh produk yang dipuji oleh orang lain memicu kecemasan, yang pada gilirannya memengaruhi perilaku pembelian. FOMO pada produk yang didukung celebrity influencer memperkuat keinginan untuk membeli barang tersebut karena dipandang sebagai tren dan direkomendasikan oleh tokoh yang diidolakan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana imitasi celebrity influencer dapat memengaruhi pola pikir, perasaan, dan tindakan individu dalam era media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner secara daring yang terdiri dari 31 item pertanyaan. Populasi di dalam penelitian ini merupakan pengguna media sosial instagram yang mengetahui Merek Azarine, produk Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++, dan celebrity influencer Prilly Latuconsina, Angga Yunanda, dan Syifa Hadju. Analisis data dilakukan menggunakan software SmartPLS versi 4.0 dan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis menunjukan bahwa faktor social comparison dan FOMO yang didukung oleh imitasi celebrity influencer berpengaruh kepada niat beli konsumen. Sedangkan materialisme yang didukung imitasi celebrity influencer memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan kepada niat beli.
Keywords : celebrity influencer imitation, social comparison, materialism, fear of missing out, purchase intention, Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++, imitasi celebrity influencer, social comparison, materialisme, fear of missing out, niat beli, Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nabilla Dwiputri Zulkamal
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:07
Last Modified: 06 Jun 2024 03:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14229

Actions (login required)

View Item
View Item