ZULKAMAL, Nabilla Dwiputri and INDRIANI, Farida,(22 May 2024), SOCIAL COMPARISON, MATERIALISME, DAN FOMO SEBAGAI PENGARUH NIAT BELI KONSUMEN YANG DIDUKUNG OLEH CELEBRITY INFLUENCER (Studi pada produk Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas dampak imitasi celebrity influencer. Celebrity
influencer, yang menjadi objek utama perbandingan di media sosial, mendorong
individu untuk meniru perilaku dan gaya hidup mereka. Perbandingan sosial
sering kali berkaitan dengan aspek harta benda, yang mengarah pada materialisme
sebagai pusat kehidupan atau sumber kepuasan dan fenomena "kehilangan" atau
FOMO (Fear of Missing Out) juga ikut muncul, di mana kekhawatiran tentang
ketidakterlibatan dalam pengalaman atau tidak memperoleh produk yang dipuji
oleh orang lain memicu kecemasan, yang pada gilirannya memengaruhi perilaku
pembelian. FOMO pada produk yang didukung celebrity influencer memperkuat
keinginan untuk membeli barang tersebut karena dipandang sebagai tren dan
direkomendasikan oleh tokoh yang diidolakan. Penelitian ini memberikan
pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana imitasi celebrity influencer
dapat memengaruhi pola pikir, perasaan, dan tindakan individu dalam era media
sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan
kuisioner secara daring yang terdiri dari 31 item pertanyaan. Populasi di dalam
penelitian ini merupakan pengguna media sosial instagram yang mengetahui
Merek Azarine, produk Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++, dan
celebrity influencer Prilly Latuconsina, Angga Yunanda, dan Syifa Hadju. Analisis
data dilakukan menggunakan software SmartPLS versi 4.0 dan metode Structural
Equation Modeling (SEM). Hasil analisis menunjukan bahwa faktor social
comparison dan FOMO yang didukung oleh imitasi celebrity influencer
berpengaruh kepada niat beli konsumen. Sedangkan materialisme yang didukung
imitasi celebrity influencer memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan
kepada niat beli.
Keywords : | celebrity influencer imitation, social comparison, materialism, fear of missing out, purchase intention, Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++, imitasi celebrity influencer, social comparison, materialisme, fear of missing out, niat beli, Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++ |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nabilla Dwiputri Zulkamal |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:07 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:07 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14229 |