PENGARUH LDR, NPL, CAR, DAN EFISIENSI BIAYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DI INDONESIA (Studi Pada Bank Umum di Indonesia Tahun 2018 – 2022)

SADEWO, Victovian Sachiori and MAWARDI, Wisnu,(4 June 2024), PENGARUH LDR, NPL, CAR, DAN EFISIENSI BIAYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DI INDONESIA (Studi Pada Bank Umum di Indonesia Tahun 2018 – 2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh variabel-variabel utama, yaitu Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Cost Efficiency Ratio (CER) terhadap Return on Assets (ROA) Bank di Indonesia. Data diperoleh dari Bloomberg dan mencakup sejumlah 35 bank yang terdaftar di Indonesia selama periode 2018-2022. Metode regresi data panel, yang memungkinkan analisis menggunakan data yang bersifat panel (data silang dari waktu dan unit observasi), diterapkan untuk menguji hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Hasil analisis menunjukkan bahwa LDR dan NPL secara signifikan memengaruhi ROA bank, menegaskan pentingnya manajemen kredit yang efektif dan pengelolaan risiko kredit yang hati-hati dalam mencapai kinerja keuangan yang optimal. Di sisi lain, meskipun CAR tidak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan, temuan ini menyoroti pentingnya menjaga tingkat kecukupan modal bank untuk menjaga stabilitas sektor perbankan. Selain itu, efisiensi biaya, yang tercermin dalam CER, terbukti memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap ROA bank, menunjukkan perlunya fokus pada strategi efisiensi operasional dan alokasi sumber daya yang tepat guna. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi kinerja keuangan bank di Indonesia, dan menekankan pentingnya pengelolaan risiko kredit yang efektif dan efisiensi biaya dalam mencapai pertumbuhan dan stabilitas sektor perbankan di masa depan.
Keywords : LDR, NPL, CAR, ROA, LDR, NPL, CAR, ROA
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Victovian Sachiori Sadewo
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:21
Last Modified: 13 Jun 2024 03:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14269

Actions (login required)

View Item
View Item