PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN KETERLAMBATAN PELAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN

MEILANI, Sylvi and UTOMO, Dwi Cahyo,(27 May 2024), PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN KETERLAMBATAN PELAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (70kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (218kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (765kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, kepemilikan terkonsentrasi, kepemilikan manajerial, serta keterlambatan pelaporan keuangan dapat memberikan pengaruh pada kinerja keuangan di perusahaan manufaktur yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2022. Dengan melakukan pengukuran kinerja keuangan, perusahaan dapat melakukan perbaikan dan pengendalian atas kegiatan operasional sesuai dengan kondisi perusahaan, sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain. Selain itu, kinerja diukur guna membantu dalam menentukan strategi yang tepat dalam mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang menggambarkan dan menjelaskan bagaimana pengaruh dari fenomena yang dijadikan objek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019 - 2022. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode purposive sampling dalam memperoleh sampel penelitian. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni 4 perusahaan dengan jumlah data penelitian 16 data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, kepemilikan terkonsentrasi, kepemilikan manajerial, serta keterlambatan pelaporan keuangan tidak mempengaruhi signifikan pada kinerja keuangan perusahaan, baik yang diukur dengan Return on Assets (ROA) ataupun Return on Equity (ROE).
Keywords : İnstitutional Ownership, Managerial Ownership, Delays in Financial Reporting, Concentrated Ownership, Financial Performance, Audit Committee, Proportion of İndependent Commissioners, Size of The Board of Commissioners., Kepemilikan İnstitusional, Kepemilikan Manajerial, Keterlambatan Pelaporan Keuangan, Kepemilikan Terkonsentrasi, Kinerja Keuangan, Komite Audit, Proporsi Komisaris İndependen, Ukuran Dewan Komisaris.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Sylvi Meilani
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:45
Last Modified: 20 Jun 2024 09:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item
View Item