PENGARUH KARAKTERISTIK DEWAN KOMISARIS TERHADAP CORPORATE INTERNET REPORTING

PRIANTO, Amaranggana Hang Arna and PARASETYA, Mutiara Tresna,(10 June 2024), PENGARUH KARAKTERISTIK DEWAN KOMISARIS TERHADAP CORPORATE INTERNET REPORTING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (49kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (157kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik dewan komisaris terhadap pengungkapan informasi perusahaan melalui situs website (CIR). Penelitian ini menjadikan karakteristik dewan komisaris sebagai variabel independen dan pengungkapan informasi perusahaan melalui situs website (CIR) sebagai variabel dependen. Karakteristik dewan komisaris diukur melalui lima kriteria, yakni ukuran dewan komisaris, komisaris independen, aktivitas dewan komisaris, hubungan keluarga dewan komisaris, dan karakteristik komite audit. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor non keuangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2022. Melalui metode purposive sampling, terdapat 291 perusahaan yang dijadikan sampel akhir dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 25 dalam menguji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, komisaris independen, aktivitas dewan komisaris, komite audit independen, dan aktivitas komite audit memiliki hubungan signifikan terhadap CIR. Sementara hubungan keluarga dewan komisaris dan ukuran komite audit tidak memiliki pengaruh dengan CIR.
Keywords : Board of Commissioners Characteristics, CIR, Disclosure, Internet., Karakteristik dewan komisaris, CIR, Pengungkapan, Internet.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Amaranggana Hang Arna Prianto
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:20
Last Modified: 21 Jun 2024 07:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14361

Actions (login required)

View Item
View Item