ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Bangunan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2022)

PRASETYA, Lutfu Ferdinan and KAWEDAR, Warsito,(7 June 2024), ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Bangunan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (172kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan kinerja keuangan sebelum dan selama pandemi covid-19 pada perusahaan sub sektor konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2022. Kinerja keuangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rasio profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, dan rasio aktivitas. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sub sektor konstruksi bangunan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 108 sampel dengan analisis selama 6 tahun. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan uji beda dengan metode wilcoxon signed ranks test dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Terminal Bloomberg FEB Undip, website BEI, dan situs resmi perusahaan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan kinerja keuangan selama pandemi yang diukur dengan rasio profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, dan rasio aktivitas. Berdasarkan uji beda menggunakan wilcoxon signed ranks test terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio profitabilitas dan rasio aktivitas, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada likuiditas dan solvabilitas.
Keywords : Covid-19, Financial Performance, Financial Ratios, Covid-19, Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: lutfu ferdinan
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:41
Last Modified: 24 Jun 2024 06:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14397

Actions (login required)

View Item
View Item