PENGARUH REWARD, TRAINING, DAN EMPOWERMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KETERIKATAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan Fungsi HSSE PT. Kilang Pertamina International Refinery Unit IV Cilacap)

REINALDO, Yohanes Zakhael and RAHARJA, Edy,(11 June 2024), PENGARUH REWARD, TRAINING, DAN EMPOWERMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KETERIKATAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan Fungsi HSSE PT. Kilang Pertamina International Refinery Unit IV Cilacap). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (157kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktik manajemen sumber daya manusia memiliki peranan vital dalam menciptakan kinerja yang optimal dari karyawan. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran dimensi utama manajemen sumber daya manusia terhadap kinerja karyawan (reward, training, dan empowerment), dengan mempertimbangkan tingkat keterikatan karyawan sebagai variabel penengah, di PT. Kilang Pertamina International Refinery Unit IV Cilacap. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pekerja organik HSSE PT. Kilang Pertamina International Refinery Unit IV Cilacap, yang berjumlah 57 orang dan jumlah kuesioner yang kembali adalah 54 orang. Sampel dalam studi ini dihimpun dengan memakai teknik sensus. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah pendistribusian kuesioner dengan pengukuran sampel kuesioner memakai skala Likert lima (5). Metode analisis data memakai Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan aplikasi SmartPLS. Berdasarkan hasil pada penelitian yang sudah dijalankan, dijumpai bahwa Empowerment berpengaruh positif signifikan pada kinerja karyawan melalui keterikatan karyawan. Di lain sisi Reward memiliki pengaruh positif signifikan pada keterikatan karyawan, tetapi tidak signifikan pada kinerja karyawan. Sementara Training tidak berpengaruh signifikan pada keterikatan karyawan ataupun kinerja karyawan.
Keywords : Human Resource Management Practices, Reward, Training, Empowerment, Employee Engagement, Employee Performance., Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia, Reward, Training, Empowering, Keterikatan Karyawan, Kinerja Karyawan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yohanes Zakhael Reinaldo
Date Deposited: 24 Jun 2024 11:12
Last Modified: 09 Jul 2024 02:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item
View Item