FITRIANI, Irma Agus and HADIPRAJITNO, P. Basuki,(5 June 2024), PENGARUH PENERAPAN PERLINDUNGAN KONSUMEN KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN ASURANSI JIWA DI INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA ASURANSI JIWA PERIODE 2019 – 2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (77kB)
Download (77kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (6kB)
Download (6kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (56kB)
Download (56kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (162kB)
Download (162kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan perlindungan konsumen terhadap kinerja keuangan asuransi jiwa di Indonesia. Penelitian ini menjelaskan peran penting perlindungan konsumen dalam menjaga kinerja keuangan industri asuransi jiwa dengan berfokus pada lima aspek utama perlindungan konsumen: Kerahasiaan dan Keamanan Data, Literasi Keuangan, Penanganan Pengaduan, Transparansi Informasi (Pemasaran Produk), dan Perjanjian Baku. Penelitian ini menjelaskan seberapa pengaruhnya penerapan prinsip-prinsip tersebut terhadap peningkatan kinerja keuangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengujian menggunakan regresi panel data dengan random effect untuk menganalisis efektivitas lima aspek utama perlindungan konsumen terhadap kinerja keuangan asuransi. Sumber data diperoleh secara internal dari OJK dengan sampel penelitian terhadap 39 asuransi jiwa selama periode 2019-2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan publik asuransi dan OJK.
Peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perlindungan konsumen terhadap kinerja keuangan. Kerahasiaan dan keamanan data, literasi keuangan, dan penyelesaian pengaduan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Selain itu, aspek penyampaian transparansi informasi dan perjanjian baku tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dalam konteks ini. Dengan menyoroti peran penting perlindungan konsumen dalam menjaga stabilitas keuangan, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi regulator dan praktisi asuransi jiwa untuk memperkuat kebijakan dan praktik perlindungan konsumen
Keywords : | Financial Consumer Protection, Regulation, Financial Performance, Insurance Operating Result Ratio, Life Insurance, Perlindungan Konsumen, Regulasi, Asuransi Jiwa, Kinerja Keuangan, Rasio Hasil Usaha Asuransi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Irma IRMA AGUS FITRIANI |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 01:33 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 01:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14423 |