PENGARUH FRAUD TRIANGLE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2022)

FEBYANTI, Cinta Kurnia and LAKSITO, Herry,(11 June 2024), PENGARUH FRAUD TRIANGLE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (25kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (137kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (194kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap manajemen laba terhadap perusahaan manufaktur dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2021-2022. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah fraud triangle yang diwakilkan oleh variabel financial stability, leverage, financial target, nature of industry, effectiveness of supervision, dan auditor changes. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah manajemen laba. Penelitian ini menggunakan teori agensi untuk menghasilkan hipotesis yang bisa diuji dan dari pengujian hipotesis tersebut memberikan temuan empiris. Data sekunder digunakan pada penelitian ini dengan jumlah populasi 294 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2021-2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 147 perusahan manufaktur dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fraud triangle yang diwakilkan financial stability dan auditor changes tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba. Kemudian, leverage, financial target, nature of industry, dan auditor changes berpengaruh positif terhadap manajemen laba, sedangkan effectiveness of supervision berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci: Financial Stability, Leverage, Financial Target, Nature of Industry, Effectiveness of Supervision, Auditor Changes dan Manajemen Laba.
Keywords : Financial Stability, Leverage, Financial Target, Nature of Industry, Effectiveness of Supervision, Auditor Changes dan Manajemen Laba., Financial Stability, Leverage, Financial Target, Nature of Industry, Effectiveness of Supervision, Auditor Changes dan Manajemen Laba.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Cinta Kurnia Febyanti
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:59
Last Modified: 26 Jun 2024 02:06
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14445

Actions (login required)

View Item
View Item