UTOMO, Alif Zaidan and YOESTINI, Yoestini,(11 June 2024), PENGARUH MOTIVASI BERKOMPETISI DAN UNOBSTRUCTED PLAY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IN-GAME PADA GAME FPS ONLINE DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Gamer Di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (32kB)
Download (32kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (10kB)
Download (10kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (13kB)
Download (13kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (51kB)
Download (51kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (148kB)
Download (148kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tingginya keinginan dari seorang pemain permainan untuk berkompetisi memunculkan keinginan dari pemain permainan untuk dapat memiliki keunggulan kompetitif. Seorang pemain permainan dipacu untuk terus bersaing dalam memiliki produk yang dapat meningkatkan kemampuannya bermain. Hal ini mendorong pemain permainan untuk dapat melakukan pembelian in-game purchase. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh unobstructed play dan motivasi untuk berkompetisi terhadap minat untuk melakukan in-game purchase dan keputusan pembelian in-game purchase.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pemain game FPS on line di kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil adalah 166 orang responden yang berdomisili di kota Semarang, berusia 18 tahun ke atas dan aktif memainkan game
FPS on line. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan Google Form. Metode analisis data menggunakan structural equation modelling.
Motivasi berkompetisi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Unobstructed play berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Motivasi berkompetisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk in-game. Unobstructed play berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk in-game. Minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk in-game. Minat beli memediasi hubungan antara motivasi berkompetisi terhadap keputusan pembelian produk in-game. Minat beli memediasi hubungan antara unobstructed play terhadap keputusan pembelian
produk in-game.
Keywords : | unobstructed play, motivation to compete, interest in making in-game purchases, in-game purchase decisions, unobstructed play, motivasi untuk berkompetisi, minat untuk melakukan in-game purchase, keputusan pembelian in-game purchase |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Alif Zaidan Utomo |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 04:25 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:55 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14475 |