PENGARUH AKTIVITAS KOMITE AUDIT, PERSONEL AUDIT INTERNAL, DAN KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN TERHADAP BIAYA AUDIT (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022)

ALAMSYAH, Andrea and JANUARTI, Indira,(19 June 2024), PENGARUH AKTIVITAS KOMITE AUDIT, PERSONEL AUDIT INTERNAL, DAN KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN TERHADAP BIAYA AUDIT (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (61kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (126kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy

Abstract

Biaya audit merupakan besaran imbalan jasa yang dibayarkan oleh perusahaan kepada akuntan publik atas jasa audit yang telah selesai dilaksanakan. Penentuan besaran biaya audit dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian pengaruh antara aktivitas komite audit, personel audit internal, dan kompleksitas perusahaan terhadap biaya audit. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2019 hingga 2022. Penentuan sampel penelitian dilakukan melalui teknik purposive sampling dengan total sampel penelitian sebanyak 165 data observasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompleksitas perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap biaya audit. Sementara itu, variabel aktivitas komite audit dan personel audit internal tidak berpengaruh negatif terhadap biaya audit.
Keywords : audit fees, audit committee activity, company complexity, internal audit personnel, manufacturing companies., biaya audit, aktivitas komite audit, kompleksitas perusahaan, personel audit internal, perusahaan manufaktur.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Andrea Alamsyah
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:53
Last Modified: 26 Jun 2024 07:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14486

Actions (login required)

View Item
View Item