INTEGRASI BLOCKCHAIN DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA KURIKULUM AKUNTANSI: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

ADRIAN, Fariz Hudi and DEWAYANTO, Totok,(21 June 2024), INTEGRASI BLOCKCHAIN DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA KURIKULUM AKUNTANSI: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian mengenai integrasi blockchain dan artificial intelligence pada kurikulum akuntansi di lembaga pendidikan akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR) dalam menganalisis 20 artikel yang diterbitkan pada database Scopus dengan rentang tahun terbit 2021-2024. Pedoman desain pencarian literatur menggunakan PICO framework dan artikel disaring menggunakan protokol Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analyses (PRISMA). Hasil analisis pada penelitian ini menyatakan kurikulum akuntansi saat ini perlu diperbarui untuk memenuhi kebutuhan industri yang berkembang pesat dengan teknologi modern. Pengintegrasian fintech, blockchain, dan artificial intelligence sangat penting untuk memastikan lulusan memiliki keterampilan yang relevan dengan tuntutan pasar kerja dan mengurangi kesenjangan antara harapan pemberi kerja dan keterampilan lulusan. Integrasi teknologi ini dalam kurikulum akuntansi akan meningkatkan relevansi dan modernisasi materi pembelajaran, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mendorong inovasi dalam pengajaran. Meski demikian, terdapat tantangan yang harus dihadapi, seperti kurikulum yang padat, kurangnya sumber daya dan keahlian pendidik, serta kekhawatiran privasi dan keamanan. Namun, dengan tekanan pasar global, budaya organisasi yang adaptif, manfaat teknologi, dukungan kolaboratif, dan infrastruktur yang memadai, integrasi ini dapat dikelola dengan bijak untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi transformasi digital dan membuka peluang karir yang lebih luas.
Keywords : blockchain, artificial intelligence, accounting curriculum, SLR, blockchain, artificial intelligence, kurikulum akuntansi, SLR
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Fariz Hudi Adrian
Date Deposited: 26 Jun 2024 09:22
Last Modified: 26 Jun 2024 09:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14499

Actions (login required)

View Item
View Item