MUHAMMAD, Yovi Maulana and MAHFUDZ, Mahfudz,(20 June 2024), PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENGIRIMAN LOGISTIK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI ULANG SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Ekspedisi JNE di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Layanan pengiriman logistik, atau yang sering disebut sebagai logistic
delivery service, menjadi salah satu sektor yang berperan penting dalam
mendukung rantai pasokan dan distribusi barang. Berbagai layanan ekspedisi yang
telah dikenal luas oleh masyarakat, diantaranya yaitu JNE, TIKI, Pos Indonesia,
dan J&T. Kehadiran beragam pilihan ini telah mengakibatkan persaingan bisnis
dalam bidang pengiriman barang dan dokumen menjadi semakin sengit. Menurut
Top Brand Award, pada tahun 2018-2023 ekspedisi JNE mengalami penurunan
dari peringkat satu yang digantikan posisinya oleh ekspedisi J&T sebagai
peringkat satu. Selain fenomena tersebut, terjadi inkonsistensi dari penelitian
terdahulu yang memiliki variabel-variabel penelitian yaitu antara Kualitas
Layanan terhadap Keputusan Pembelian dan Persepsi Harga terhadap Keputusan
Pembelian. Dari fenomena dan kesenjangan penelitian tersebut, penelitian ini
memiliki tujuan untuk menjawab kesenjangan antara Kualitas Layanan dan
Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen ekspedisi JNE di
Kota Semarang dengan Minat Beli Ulang sebagai Mediasi penelitian ini.
Data pada penelitian ini didapatkan dengan menyebarkan kuesioner yang
menggunakan pertanyaan terbuka dan tertutup, yang berhasil memperoleh
sebanyak 140 responden. Responden yang dicari memiliki kriteria adalah
konsumen ekspediksi JNE yang mengetahui jasa ekspedisi JNE, pernah
menggunakan jasa ekspedisi JNE, dan berdomisili di Kota Semarang. Hasil data
kuesioner kemudian dianalisis secara kuantitatif struktural dengan menggunakan
metode SEM (Structural Equation Modelling) pada program AMOS (Analysis
Moment of Structural) versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan dan Persepsi
Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Kualitas Layanan dan Persepsi Harga juga memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap Minat Beli Ulang. Begitupun dengan Minat Beli Ulang
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Implikasi manajerial yang dapat diambil dari penelitian ini adalah memberikan
pertimbangan terhadap perusahaan ekspedisi JNE dalam meningkatkan Kualitas
Layanan dan Persepsi Harga pada konsumen agar meningkatkan Minat Beli Ulang
konsumen untuk menggunakan jasa ekspedisi JNE sebagai pilihannya.
Keywords : | Service Quality, Price Perception, Repurchase Intention, Purchase Decision, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Minat Beli Ulang, Keputusan Pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yovi Maulana Muhammad |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 09:47 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 08:27 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14555 |