PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENGIRIMAN LOGISTIK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI ULANG SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Ekspedisi JNE di Kota Semarang)

MUHAMMAD, Yovi Maulana and MAHFUDZ, Mahfudz,(20 June 2024), PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENGIRIMAN LOGISTIK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI ULANG SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Ekspedisi JNE di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Layanan pengiriman logistik, atau yang sering disebut sebagai logistic delivery service, menjadi salah satu sektor yang berperan penting dalam mendukung rantai pasokan dan distribusi barang. Berbagai layanan ekspedisi yang telah dikenal luas oleh masyarakat, diantaranya yaitu JNE, TIKI, Pos Indonesia, dan J&T. Kehadiran beragam pilihan ini telah mengakibatkan persaingan bisnis dalam bidang pengiriman barang dan dokumen menjadi semakin sengit. Menurut Top Brand Award, pada tahun 2018-2023 ekspedisi JNE mengalami penurunan dari peringkat satu yang digantikan posisinya oleh ekspedisi J&T sebagai peringkat satu. Selain fenomena tersebut, terjadi inkonsistensi dari penelitian terdahulu yang memiliki variabel-variabel penelitian yaitu antara Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Dari fenomena dan kesenjangan penelitian tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk menjawab kesenjangan antara Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen ekspedisi JNE di Kota Semarang dengan Minat Beli Ulang sebagai Mediasi penelitian ini. Data pada penelitian ini didapatkan dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan pertanyaan terbuka dan tertutup, yang berhasil memperoleh sebanyak 140 responden. Responden yang dicari memiliki kriteria adalah konsumen ekspediksi JNE yang mengetahui jasa ekspedisi JNE, pernah menggunakan jasa ekspedisi JNE, dan berdomisili di Kota Semarang. Hasil data kuesioner kemudian dianalisis secara kuantitatif struktural dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) pada program AMOS (Analysis Moment of Structural) versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan dan Persepsi Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas Layanan dan Persepsi Harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang. Begitupun dengan Minat Beli Ulang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Implikasi manajerial yang dapat diambil dari penelitian ini adalah memberikan pertimbangan terhadap perusahaan ekspedisi JNE dalam meningkatkan Kualitas Layanan dan Persepsi Harga pada konsumen agar meningkatkan Minat Beli Ulang konsumen untuk menggunakan jasa ekspedisi JNE sebagai pilihannya.
Keywords : Service Quality, Price Perception, Repurchase Intention, Purchase Decision, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Minat Beli Ulang, Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yovi Maulana Muhammad
Date Deposited: 27 Jun 2024 09:47
Last Modified: 18 Jul 2024 08:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item
View Item