AZIZAH, Rizka Nur and INDRIANI, Farida,(24 June 2024), ANALISIS PENGARUH PERCEIVED WEBSITE QUALITY DAN PERCEIVED REPUTATION TERHADAP ONLINE REPURCHASE INTENTION DENGAN PERCEIVED VALUE DAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pengguna Tokopedia di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (203kB)
Download (203kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (177kB)
Download (177kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (177kB)
Download (177kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (232kB)
Download (232kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (146kB)
Download (146kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya pertumbuhan pengguna internet dan aktivitas jual beli online di Indonesia. Tokopedia sebagai salah satu platform e�commerce di Indonesia mengalami masalah penurunan jumlah pengunjung situs, nilai indeks merek rendah, kebocoran data, serta kritik dari pengguna. Oleh sebab itu, perlu pembaharuan penelitian terkait dengan online repurchase intention. Meskipun Tokopedia termasuk platform e-commerce yang terkenal di Indonesia, tetapi permasalahan tersebut perlu diperhatikan, karena terdapat kompetitor lain yang lebih besar dan mampu melampaui kapan saja. Selain itu, terdapat
inkonsistensi hasil penelitian-penelitian sebelumnya terkait faktor yang mempengaruhi online repurchase intention.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived website quality, perceived reputation, perceived value, dan trust terhadap online repurchase intention. Aspek kualitas, reputasi, nilai, dan kepercayaan dianalisis berdasar pada teori Cognitive Affective Personality System (CAPS). Model penelitian dibangun atas 5 variabel, yaitu perceived website quality dan perceived reputation sebagai
variabel independen, perceived value dan trust sebagai variabel mediasi, dan online repurchase intention sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Tokopedia, yaitu mereka yang pernah melakukan pembelian di Tokopedia minimal 1 kali dan pernah mengunjungi situs Tokopedia (www.tokopedia.com). Melalui metode pengumpulan purposive sampling, 178 data responden diperoleh dengan kuesioner online, lalu diolah menggunakan SMARTPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perceived reputation, perceived value, dan trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap online repurchase intention. Sedangkan, perceived website quality berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap online repurchase intention. Selain itu, ditemukan adanya peran mediasi perceived value dan trust. Perceived value dan trust memiliki efek mediasi penuh di antara perceived website quality dan online repurchase intention, sementara trust memiliki efek mediasi parsial di antara perceived reputation dan online repurchase intention.
Keywords : | Perceived Website Quality, Perceived Reputation, Perceived Value, Trust, Online Repurchase Intention, Perceived Website Quality, Perceived Reputation, Perceived Value, Trust, Online Repurchase Intention |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Rizka Nur Azizah |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 10:23 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 06:21 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14621 |