ANALISIS PEMASARAN ALPUKAT LOKAL (Perseaamericana.) DI DUSUN KALIBENING DESA KEBONDALEM KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG

SETO, Arief Noor and DIRGANTARA, I Made Bayu,(27 June 2024), ANALISIS PEMASARAN ALPUKAT LOKAL (Perseaamericana.) DI DUSUN KALIBENING DESA KEBONDALEM KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (178kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (109kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (850kB) | Request a copy

Abstract

Pemasaran bertujuan untuk menarik perhatian pembeli dalam mengkonsumsi produk yang ditawarkan. Sehingga pemasaran adalah bagaimana memuaskan kebutuhan pelanggan. Jika pemasar memahami kebutuhan pelanggan dengan baik, mengembangkan produk yang mempunyai nilai superior dan menetapkan harga, mendistribusikan dan mempromosikan produknya secara efektif, maka produk-produk tersebut akan terjual dengan mudah.Dusun Kalibening desa Kebondalem, kecamatan Jambu, kabupaten Semarang merupakan sentra penghasil apokat lokal unggulan. Di dusun Kalibening desa Kebondalem, kecamatan Jambu, kabupaten Semarang yang mengusahakan tanaman apokat kurang lebih seluas 50 Hektar.Alpokat lokal yang ditanam adalah varietas Kalibening, eligator, Miki, Nina dan Kelut. Penelitian bertujuan : untuk mengetahui saluran pemasaran, besarnya farmer’s share dan marjin pemasaranalpukat lokal di dusun Kalibening desa Kebondalem, kecamatan Jambu, kabupaten Semarang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan membagi kuesioner baik kepada petani (38 petani), pengepul (4 orang) dan pedagang besar (2 orang) dan pengecer 7. Data dikumpulkan ditabulasi dan dianalisis dengan saluran pemasaran, farmer’s share dan manjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukan 1) Saluran pemasaran buah alpukat pada saluran 1 lebih memberikan total keuntungan yang lebih besar dari saluran pemasaran 2. 2) Persentase nilai farmer’s share pada saluran 1 sebesar 61,11%, saluran 2 sebesar 57,14%. 3) Nilai margin sebesar Rp. 11.973,47 dengan persentase 44,39% pada saluran 1, saluran 2 sebesar 15.000,00 dengan persentase 55,61%. Kata kunci :Pemasaran, alpukat lokal, Kalibening
Keywords : UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Noor Seto
Date Deposited: 28 Jun 2024 13:51
Last Modified: 23 Jul 2024 03:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14636

Actions (login required)

View Item
View Item