PENGUKURAN KINERJA SOSIAL BANK SYARIAH DI INDONESIA MENGGUNAKAN MAQASHID SHARIA

RAHMA, Putri Tiara and DARWANTO, Darwanto,(27 June 2024), PENGUKURAN KINERJA SOSIAL BANK SYARIAH DI INDONESIA MENGGUNAKAN MAQASHID SHARIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (193kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (276kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (243kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengukuran kinerja bank syariah memerlukan adanya evaluasi yang mengarah pada perubahan yang lebih baik. Kinerja secara keseluruhan harus ditunjukkan dengan adanya pencapaian dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan berdasarkan Maqashid Sharia sebagai bentuk perwujudan dari aspirasi IME yaitu berlandaskan fondasi moral bagi sistem keuangan Islam. Penelitian ini menggunakan konsep Maqashid Sharia yang dikemukakan oleh Abdul Majid Najjar, dengan membagi menjadi tujuan 4 Tujuan Utama, 8 Konsekuensi yang diungkapkan melalui 25 Dimensi, 32 Elemen dan 112 Indikator. Tujuan Utama tersebut adalah Menjaga Nilai Kehidupan Manusia, Menjaga Nilai Diri Manusia, Menjaga Nilai-nilai Masyarakat dan Menjaga Lingkungan Fisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran dengan analisis konten. Metode perhitungan yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu laporan tahunan bank syariah di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah Bank Muamalat mendapat peringkat pertama, BTPN Syariah peringkat kedua, BCA Syariah berada pada peringkat ketiga, Bank Mega Syariah menempati peringkat keempat dan Bank Panin Dubai Syariah mendapat peringkat terakhir.
Keywords : Social Performance, Maqashid Sharia, Islamic Bank, Abdul Majid Najjar., Kinerja Sosial, Maqashid Sharia, Bank Syariah, Abdul Majid Najjar.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Putri Tiara Rahma
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:03
Last Modified: 11 Jul 2024 01:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14746

Actions (login required)

View Item
View Item