ANALISIS PENGARUH BRAND AMBASSADOR, VIRAL MARKETING, DAN TAGLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMART KOTA SEMARANG MELALUI BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

DJAPARDI, Sasfia and KUSUMAWARDHANI, Amie,(15 July 2024), ANALISIS PENGARUH BRAND AMBASSADOR, VIRAL MARKETING, DAN TAGLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMART KOTA SEMARANG MELALUI BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (14kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (179kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Alfamart, sebagai salah satu perusahaan retail terkemuka di Indonesia, menghadapi penurunan penjualan berdasarkan Top Brand Awards dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, skripsi ini bertujuan untuk menyelidiki serta menganalisis pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing, dan Tagline terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awareness sebagai variabel intervening. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner menggunakan Google Form dan berhasil mengumpulkan tanggapan dari 170 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling, khususnya Purposive Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji kausalitas antara variabel-variabel dalam model penelitian, dengan software SmartPLS 4 sebagai alat analisis yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa brand ambassador tidak memiliki pengaruh terhadap brand awareness maupun keputusan pembelian. Selain itu, viral marketing juga tidak berdampak langsung pada keputusan pembelian, namun berpengaruh pada brand awareness. Di sisi lain, tagline terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness dan keputusan pembelian. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa brand awareness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords : Brand Ambassador, Viral Marketing, Tagline, Brand Awareness, Purchase Decision, Duta Merek, Pemasaran Viral, Slogan, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Sasfia Djapardi
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:37
Last Modified: 23 Jul 2024 02:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14795

Actions (login required)

View Item
View Item