SUSTAINABLE TAX STRATEGIES AND CORPORATE SUSTAINABILITY PERFORMANCE

MARCIA, Eleonora and HARTO, Puji,(11 July 2024), SUSTAINABLE TAX STRATEGIES AND CORPORATE SUSTAINABILITY PERFORMANCE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (172kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (221kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (244kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara strategi pajak berkelanjutan dan kinerja keberlanjutan perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari perusahaan manufaktur, energi, infrastruktur, dan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2020-2022. Sampel penelitian mencakup 111 perusahaan yang ditentukan melalui metode purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda, dengan strategi pajak berkelanjutan sebagai variabel independen yang diukur menggunakan koefisien variasi dari variabilitas tarif pajak efektif tunai dan laba sebelum pajak selama lima tahun. Kinerja keberlanjutan diukur menggunakan ESG Score, dan variabel kontrol meliputi Return on Assets (ROA), Market to Book Ratio (MTB), Operating Cash Flow (OCF), Leverage Ratio, serta ukuran perusahaan untuk mengendalikan lingkup penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pajak berkelanjutan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja keberlanjutan, lingkungan, dan sosial perusahaan. Namun, tidak ditemukan pengaruh positif pada kinerja tata kelola perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa perusahaan yang menerapkan strategi pajak berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja keberlanjutan, lingkungan, dan sosial, tetapi tidak meningkatkan kinerja tata kelola perusahaan.
Keywords : sustainable tax strategies, corporate sustainability performance, environmental, social and governance (ESG), strategi pajak berkelanjutan, kinerja keberlanjutan perusahaan, lingkungan, sosial and tata kelola (ESG)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Eleonora Marcia Ticoalu
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:10
Last Modified: 26 Jul 2024 02:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14818

Actions (login required)

View Item
View Item