NAGARI, Yesenia Einsteinki Padma and SANTOSO, Suryono Budi,(15 July 2024), PENGARUH SELEBRITI ENDORSER, INTERAKSI KONSUMEN MEREK TERHADAP MINAT BELI PADA MEREK WARDAH, DENGAN PENGALAMAN MEREK DAN KETERLIBATAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pada era digital, selebriti endorser sebagai teknik pemasaran sebuah merek mengalami peningkatan. Wardah merupakan salah satu merek yang menggunakan teknik pemasaran celebrity endorser. Wardah adalah brand kosmetik dan kecantikan yang sudah berdiri sejak 1995 dengan filosofi “Halal Green Beauty”. Penjualan Wardah telah menyebar ke seluruh Indonesia dengan klasifikasi pengguna yang beragam. Walaupun telah beroperasi selama berpuluh-puluh tahun, Wardah tetap memiliki penjualan yang signifikan. Pada tahun 2022, penjualan Wardah mencapai 380 Miliar dan menjadi merek kosmetik lokal paling banyak digunakan di Indonesia. Namun, pada 2023 dan 2024 Wardah mengalami penurunan penjualan yang lumayan drastis, yang artinya terjadi penurunan minat beli. Minat beli sendiri tidak hanya dipengaruhi oleh selebriti endorser, maka dari itu diambil tiga variabel lainnya, yaitu interaksi konsumen-merek, pengalaman merek, dan keterlibatan merek. Adanya inkonsistensi hasil dari penelitian sebelumnya juga menjadi latar belakang dari dilakukannya penelitian ini.
Penelitian ini mengambil populasi pada pengguna Wardah dan pernah melakukan transaksi pembelian merek Wardah, yang berumur 17 – 30 tahun tanpa batasan geografis. Sampel yang digunakan berjumlah 157 responden yang didapatkan dari kuesioner yang disebarkan melalui media sosial dan kemudian disaring untuk responden yang memenuhi kriteria. Kemudian, data yang telah didapatkan dianalisis dengan menggunakan sistem SEM (Structural Equation Model) dan diolah menggunakan AMOS 24.
Kemudian, didapatkan data yang kemudian menjadi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selebriti endorser berpengaruh positif terhadap pengalaman merek, pengalaman merek berpengaruh positif terhadap minat beli, pengalaman merek berpengaruh positif terhadap keterlibatan merek, interaksi konsumen – merek berpengaruh positif terhadap pengalaman merek, interaksi konsumen – merek berpengaruh positif terhadap keterlibatan merek, dan keterlibatan merek berpengaruh positif terhadap minat beli.
Keywords : | Celebrity Endorsers, Consumer Brand Interaction, Purchase Intention, Brand Experience, Brand Engagement, Selebriti Endorser, Interaksi Konsumen Merek, Minat Beli, Pengalaman Merek, Keterlibatan Merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yesenia Einsteinki Padma Nagari |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:25 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14822 |