PENGARUH KINERJA ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE (ESG) TERHADAP EFISIENSI INVESTASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2022)

RYNALDI, Iman Maulana and PRABOWO, Tri Jatmiko Wahyu,(23 July 2024), PENGARUH KINERJA ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE (ESG) TERHADAP EFISIENSI INVESTASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja ESG terhadap efisiensi investasi pada perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2022. Kinerja ESG diukur dengan ESG score yang mencakup tiga pilar utama yaitu, lingkungan, sosial, dan tata kelola. Efisiensi investasi diukur berdasarkan nilai residu dari regresi total investasi terhadap pertumbuhan pendapatan. Populasi penelitian diambil dari 840 perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di BEI, namun dengan menggunakan metode purposive sampling, tersisa 64 perusahaan yang sesuai dengan kriteria penelitian, dengan total sampel sebesar 103 sampel. Metode analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ESG memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi investasi. Perusahaan dengan kinerja ESG yang baik cenderung mendapatkan kepercayaan lebih tinggi dari pemangku kepentingan, mengurangi risiko operasional dan finansial. Selain itu, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien dan memperoleh biaya yang lebih rendah dengan memasukkan prinsip-prinsip ESG ke dalam operasi bisnis mereka.
Keywords : ESG Performance, Investment Efficiency, ESG Score, Kinerja ESG, Efisiensi Investasi, Skor ESG
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Iman Maulana Rynaldi
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:52
Last Modified: 02 Aug 2024 01:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14850

Actions (login required)

View Item
View Item