PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2022)

DESTRILINDO, Wilda and ROHMAN, Abdul,(13 August 2024), PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis dan menghasilkan temuan empiris terkait dengan pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu laporan keuangan perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di BEI selama periode 2019 – 2022 sebanyak 29 perusahaan dengan jumlah sampel 91. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 27. Variabel independen yang digunakan yaitu kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, dan dewan komisaris independen. Pengukuran yang digunakan untuk mengukur kepemilikan manajerial yaitu jumlah kepemilikan saham oleh pihak manajemen dibagi jumlah saham yang beredar, pengukuran yang digunakan untuk mengukur kepemilikan institusional yaitu jumlah saham pihak institusional dibagi jumlah saham yang beredar, pengukuran yang digunakan untuk mengukur ukuran perusahaan yaitu diukur melalui logaritma natural total asset, dan pengukuran yang digunakan untuk mengukur dewan komisaris independen yaitu jumlah komisaris independen dibagi jumlah anggota dewan komisaris. Di samping itu, variabel dependen berupa kinerja keuangan diukur dengan menggunakan Return on Assets (ROA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, kepemilikan institusional dan dewan komisaris independen berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, sementara ukuran perusahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan.
Keywords : financial performance, managerial ownership, institutional ownership, company size, and independent board of commissioners., Kinerja keuangan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, dan dewan komisaris independen.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Wilda Destrilindo
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:42
Last Modified: 21 Aug 2024 08:43
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14975

Actions (login required)

View Item
View Item