ANALISIS KEPUTUSAN MUSLIM MILENIAL JAWA BARAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT MELALUI WEBSITE BAZNAS (Pendakatan UTAUT)

KHIKMAH, Durrotul and PUJIYONO, Arif,(15 August 2024), ANALISIS KEPUTUSAN MUSLIM MILENIAL JAWA BARAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT MELALUI WEBSITE BAZNAS (Pendakatan UTAUT). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (211kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (430kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (141kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penghimpunan zakat di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat. Data yang ditemukan dari Statistik Zakat Nasional bahwa pengumpulan ZIS secara non-tunai yaitu sekitar 94,3 persen. Namun pada faktanya bahwa data pada Provinsi Jawa Barat pembayaran zakat secara digital masih rendah sebesar 6,0 persen, hal ini tidak sejalan dengan daerah Jawa Barat yang memiliki jumlah masyarakat muslim terbanyak serta potensi zakat yang tinggi, di mana penggunaan internet di Indonesia juga terus meningkat serta lembaga zakat juga telah melakukan upaya digitalisasi pembayaran zakat. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, dan literasi zakat terhadap keputusan membayar zakat menggunakan platform digital yaitu website baznas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan google form kepada 220 responden muslim milenial di Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik biner, serta software yang digunakan berupa SPSS ver 25. Hasil penelitian menunjukkan variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, dan literasi zakat memiliki pengaruh simultan terhadap keputusan membayar zakat melalui website baznas. Secara parsial, variabel performance expectancy, effort expectancy, dan facilitating condition berpengaruh positif signifikan, sedangkan variabel social influence dan literasi zakat tidak berpengaruh signifikan.
Keywords : UTAUT, Zakat Literation, Zakat, Digital Platform, Logit., UTAUT, Literasi Zakat, Zakat, Platform Digital, Logit.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Durrotul Khikmah
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:23
Last Modified: 27 Aug 2024 07:23
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15004

Actions (login required)

View Item
View Item