ANALISIS FAKTOR DETERMINAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN PEER TO PEER LENDING SYARIAH SEBAGAI SOLUSI PEMBIAYAAN BAGI USAHA MIKRO KECIL (UMK) DI WILAYAH DKI JAKARTA

ARIFAH, Fiska and MARWINI, Marwini,(27 August 2024), ANALISIS FAKTOR DETERMINAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN PEER TO PEER LENDING SYARIAH SEBAGAI SOLUSI PEMBIAYAAN BAGI USAHA MIKRO KECIL (UMK) DI WILAYAH DKI JAKARTA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Usaha Mikro Kecil (UMK) dalam menggunakan layanan pembiayaan melalui platform Alami peer to peer lending syariah. Faktor-faktor yang diteliti meliputi Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Ethical Perception, Religiosity, dan Islamic Financial Literacy. Penelitian ini penting untuk memahami bagaimana faktor-faktor tersebut berkontribusi terhadap keputusan UMK dalam memilih layanan pembiayaan yang sesuai dengan prinsip syariah. Data dikumpulkan dari dari 161 responden pengguna platform Alami peer to peer lending syariah melalui kuesioner yang disusun berdasarkan indikator-indikator setiap variabel, dan diukur menggunakan Skala Likert lima poin. Pendekatan penelitian kuantitatif ini dianalisis dengan perangkat lunak SPSS versi 29, menggunakan teknik regresi linier berganda untuk mengidentifikasi pengaruh variabel independen terhadap keputusan UMK sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Ethical Perception, Religiosity, dan Islamic Financial Literacy secara signifikan mempengaruhi keputusan UMK dalam memilih layanan pembiayaan di platform Alami peer to peer lending syariah, sebagaimana dibuktikan oleh nilai t yang signifikan di bawah 0,05.
Keywords : Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Ethical Perception, Religiosity, and Islamic Financial Literacy., Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, persepsi etis, religiusitas dan literasi keuangan Islam.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Fiska Arifah
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:51
Last Modified: 09 Sep 2024 06:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15063

Actions (login required)

View Item
View Item