SIDIK, Syahril and PUJIYONO, Arif,(30 August 2024), ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI GENERASI Z UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL BANKING BANK ALADIN SYARIAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (209kB)
Download (209kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (172kB)
Download (172kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (247kB)
Download (247kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (219kB)
Download (219kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (287kB)
Download (287kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penggunaan teknologi dan informasi dalam industri perbankan telah memberikan dampak yang signifikan bagi bank, yang mengarah pada munculnya layanan keuangan baru yang dikenal sebagai digital banking. Bank Aladin Syariah sebagai salah satu bank digital syariah memiliki potensi untuk berkembang pesat dan menjadi salah satu alternatif yang menarik bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan layanan digital banking berbasis syariah. Meskipun potensinya besar, pada kenyataannya pengguna Bank Aladin Syariah masih relatif rendah, dengan persentase pengguna yang masih 2.20% dari jumlah penduduk muslim di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi intensi Generasi Z untuk menggunakan layanan digital banking Bank Aladin Syariah
Penelitian ini menggunakan model UTAUT 2 sebagai konstruk penelitian dan memadukan religiosity untuk mengidentifikasi perilaku Generasi Z di Indonesia dalam menggunakan layanan digital banking yang berbasis syariah. Populasi pada penelitian ini yaitu Generasi Z di Indonesia. Teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria responden yang sudah ditentukan. Pengambilan data sampel dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 290 responden Generasi Z di seluruh Indonesia. Metode pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi logistik biner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, price value, habit dan religiosity berpengaruh positif terhadap intensi Generasi Z untuk menggunakan layanan digital banking Bank Aladin Syariah
Keywords : | Digital Banking, Behavioral intention, UTAUT 2, Religiosity, Digital Banking, Behavioral intention, UTAUT 2, Religiosity |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Syahril Sidik |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 02:26 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 02:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15076 |