LIAQAT, Adil and SUKRESNA, I Made,(June 2024), INVESTIGATING THE MODERATING ROLE OF ALTRUISTIC BELIEFS ON NEGATIVE EMOTIONAL APPEALS IN DIGITAL CHARITY ADVERTISING: A STUDY ON GUILT, SHAME, AND DONATION INTENTION AMONG INDONESIAN DONORS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (95kB)
Download (95kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (121kB)
Download (121kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (105kB)
Download (105kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (194kB)
Download (194kB)
Text
Download (286kB)
Download (286kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Permintaan yang semakin meningkat untuk organisasi amal didorong oleh jumlah
orang yang membutuhkan yang terus bertambah, ketidaksetaraan yang semakin
besar, dan krisis yang muncul seperti perang, bencana alam, dan inflasi.
Tantangan signifikan yang dihadapi oleh lembaga amal adalah mendapatkan
pendanaan yang cukup, yang diperburuk oleh meningkatnya persaingan di antara
organisasi dan penurunan perilaku donasi publik. Untuk mengatasi tren ini, sangat
penting untuk mengembangkan strategi pemasaran yang baru. Di era digital,
memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi secara efektif dengan pengguna
sangatlah penting.
Sementara penelitian sebelumnya menyoroti kekuatan persuasif dari iklan yang
mengandalkan emosi, masih ada kekurangan dalam memahami emosi mana yang
paling efektif dalam merangsang niat berdonasi. Oleh karena itu, tesis ini bertujuan
untuk mengeksplorasi dampak dari daya tarik iklan emosional dalam kampanye
pemasaran amal digital terhadap niat berdonasi. Secara khusus, penelitian ini
menyelidiki apakah daya tarik positif atau negatif memiliki pengaruh yang lebih
kuat terhadap perilaku donasi. Selain itu, studi ini mengkaji perbedaan gender
dalam altruisme dan apakah nilai-nilai altruisme memoderasi efek dari pengaruh
emosional negatif terhadap rasa bersalah dan rasa malu, memperkuat emosi-emosi
ini.
Untuk mengatasi kekurangan penelitian ini, sebuah desain penelitian
eksperimental diterapkan, menggunakan desain antar-subjek dengan tiga
kelompok eksperimen yang terpapar pada rangsangan iklan positif, negatif, atau
netral. Sampel terdiri dari 200 responden, semua berusia di atas 18 tahun dan
tinggal di Indonesia, yang mewakili populasi Indonesia dalam hal usia dan jenis
kelamin. Peserta secara acak dibagi ke dalam salah satu dari tiga kelompok dan
menjawab pertanyaan tentang niat dan perilaku donasi mereka, nilai-nilai
altruistik, reaksi emosional terhadap rangsangan, dan karakteristik demografis.
Analisis statistik terhadap hipotesis mengungkapkan bahwa daya tarik iklan positif
dan negatif memicu emosi yang berbeda. Secara mengejutkan, tidak ditemukan
perbedaan signifikan dalam pengaruh daya tarik emosional positif dibandingkan
dengan negatif terhadap niat berdonasi, yang menunjukkan bahwa orientasi
emosional dari sebuah iklan tidak memengaruhi niat donasi konsumen. Selain itu,
studi tersebut menemukan bahwa keyakinan altruistik lebih kuat pada wanita
dibandingkan pria. Selain itu, nilai-nilai altruistik terbukti memoderasi dampak
dari daya tarik emosional negatif terhadap rasa bersalah dan rasa malu, dengan
nilai-nilai yang lebih kuat memperkuat emosi ini.
Secara keseluruhan, meskipun beberapa temuan tidak konsisten dengan literatur
yang ada, studi ini memberikan wawasan berharga bagi pemasar terkait daya tarik
promosi, persuasi, dan niat untuk berdonasi.
Keywords : | Altruistic beliefs; Donation intentions; Emotional advertising appeals; Charitable organizations; Indonesia, Keyakinan altruistik, Niat berdonasi, Iklan emosional, Organisasi amal, Indonesia |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | MR ADIL LIAQAT |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 06:53 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:53 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15280 |