IMPLEMENTASI THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB) DALAM GREEN PRODUCT BUYING BEHAVIOR (Studi Empiris pada Konsumen AQUA Life di Kota Semarang, Jawa Tengah)

YEHEZKIEL, Steven and BATU, Kardison Lumban,(23 September 2024), IMPLEMENTASI THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB) DALAM GREEN PRODUCT BUYING BEHAVIOR (Studi Empiris pada Konsumen AQUA Life di Kota Semarang, Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terus mengalami pertumbuhan yang pesat, salah satunya adalah AQUA yang aktif berinovasi di berbagai sektor dengan tujuan menarik konsumen dan menguasai pasar. Sebagai perusahaan besar, AQUA juga memiliki tanggung jawab terhadap isu-isu lingkungan yang semakin relevan sehingga mereka berinisiatif membuat AQUA Life yang merupakan produk ramah lingkungan. Selain fenomena tersebut, ditemukan inkonsistensi penelitian antara perceived social media marketing terhadap behavioral intention pada penelitian terdahulu. Atas dasar fenomena dan kesenjangan penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana green product buying behavior dapat dibentuk menggunakan theory of planned behavior (TPB) dengan mempertimbangkan beberapa variabel antaseden lainnya. Kerangka konseptual penelitian ini mengangkat variabel brand identity, brand image, attitude, perceived social media marketing, customer satisfaction, behavioral intention, dan green product buying behavior yang mengacu pada teori dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara daring yang berhasil mendapatkan 201 responden berdasarkan kriteria, yaitu merupakan konsumen AQUA Life di Kota Semarang. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan program AMOS (Analysis Moment of Structural) 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand identity dan brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Selain itu, attitude dan perceived social media marketing juga menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap behavioral intention. Namun, terdapat penolakan hipotesis dimana customer satisfaction, behavioral intention, dan perceived social media marketing berpengaruh positif terhadap green product buying behavior tetapi dampaknya belum signifikan. Perlu dilakukan observasi lebih lanjut pada hubungan variabel yang tidak signifikan sebagai bentuk implikasi teoritisnya, mengingat terdapat beberapa faktor pemengaruh lainnya. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan penelitian ini sebagai pertimbangan bagi AQUA dalam menyusun strategi dan inovasi yang dapat meningkatkan interaksi dan penjualan AQUA Life.
Keywords : Brand Identity, Brand Image, Attitude, Perceived Social Media Marketing, Customer Satisfaction, Behavioral Intention, Green Product Buying Behavior, Identitas Merek, Citra Merek, Sikap, Pemasaran Media Sosial yang Dirasakan, Kepuasan Pelanggan, Niat Perilaku, Perilaku Pembelian Produk Hijau
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Steven Yehezkiel
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:07
Last Modified: 11 Oct 2024 02:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15288

Actions (login required)

View Item
View Item