LATHUBA, Khulaila Asna and SUKRESNA, I Made,(27 October 2024), THE INFLUENCE OF BRAND IDENTIFICATION, BRAND EXPERIENCE, BRAND PERSONALITY AND BRAND LOVE ON BRAND EQUITY (A Study on Pandora Bracelet in DKI Jakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (3MB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (3MB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (3MB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (3MB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (4MB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Merek mewah melibatkan ekuitas merek yang tinggi dan biasanya ditandai
dengan kualitas tinggi serta harga premium. Pasar perhiasan di Indonesia
menghasilkan pendapatan sebesar US$2,16 miliar pada tahun 2014, dan indeks ini
diproyeksikan akan mengalami tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 3,72%.
Pandora mengalami kesulitan untuk mempertahankan ekuitas mereknya karena
preferensi selektif publik Indonesia dalam memilih merek perhiasan. Hal ini
disebabkan oleh harga perhiasan Pandora, yang berkisar di angka jutaan, membuat
konsumen Indonesia lebih selektif saat membeli perhiasan yang tidak terbuat dari
emas. Konsumen Indonesia masih memiliki stigma bahwa perhiasan yang mereka
beli seharusnya merupakan barang yang akan memberikan pengembalian tinggi saat
dijual, mirip dengan emas, yang harga jualnya mengikuti indeks harga emas harian.
Diketahui bahwa perhiasan Pandora tidak terbuat dari emas, melainkan dari perak
sterling. Berdasarkan penelitian awal, diketahui bahwa ekuitas merek Pandora di
Provinsi DKI Jakarta di kalangan konsumennya relatif rendah, karena mayoritas
tanggapan terhadap setiap pernyataan yang diberikan adalah "mungkin" dan "tidak."
Studi ini menggunakan konsumen gelang Pandora sebagai objek penelitian,
kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling
dan memiliki beberapa kriteria. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 200
responden yang berusia di atas 17 tahun, berdomisili di DKI Jakarta, dan pernah
membeli gelang Pandora atau memiliki gelang Pandora dalam kurun waktu 1 (satu)
tahun terakhir. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode CB-
SEM (Model Persamaan Struktural Berbasis Kovarians) dan diproses dengan
perangkat AMOS.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif secara
keseluruhan dalam studi ini diterima. Dengan kata lain, Identifikasi Merek memiliki
pengaruh positif terhadap Cinta Merek untuk gelang Pandora, Pengalaman Merek
memiliki pengaruh positif terhadap Cinta Merek untuk gelang Pandora, Kepribadian
Merek memiliki pengaruh positif terhadap Cinta Merek untuk gelang Pandora,
Identifikasi Merek memiliki pengaruh positif terhadap Ekuitas Merek untuk gelang
Pandora, Pengalaman Merek memiliki pengaruh positif terhadap Ekuitas Merek
untuk gelang Pandora, Kepribadian Merek memiliki pengaruh positif terhadap
Ekuitas Merek untuk gelang Pandora, dan Cinta Merek memiliki pengaruh positif
terhadap Ekuitas Merek untuk gelang Pandora. Berdasarkan hasil total pengaruh,
diketahui bahwa variabel yang memiliki dampak terbesar terhadap ekuitas merek,
dari yang terbesar hingga terkecil, adalah kepribadian merek, cinta merek,
identifikasi merek, dan pengalaman merek.
Keywords : | Brand Identification, Brand Experience, Brand Personality, Brand Love, Brand Equity, Pandora Bracelet, Identifikasi Merek, Pengalaman Merek, Kepribadian Merek, Cinta Merek, Ekuitas Merek, Gelang Pandora |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Khulaila Asna Lathuba |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 07:39 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 07:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15573 |