NURHAFIDHA, Arilia and BATU, Kardison Lumban,(25 November 2024), ANALISIS ANTESEDEN BRAND LOYALTY DENGAN LOYALTY PROGRAMS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Konsumen Membership Starbucks). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Meningkatnya trend globalisasi seiring gaya hidup kebiasaan meminum
kopi dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mendirikan suatu coffee shop,
berkembangnya jumlah bisnis coffee shop ini baik bisnis berskala besar maupun
kecil mengakibatkan timbulnya keketatan persaingan. Ketatnya persaingan
inovasi dan penawaran yang diberikan untuk menarik konsumen baru menjadikan
setiap coffee shop salah satunya pelopor bisnis coffee shop global yaitu Starbucks
mencari cara untuk mewujudkan loyalitas merek kepada para konsumen agar
konsumen memilih dan melakukan pembelian ulang produk Starbucks yang
dilakukan melalui strategi loyalitas program (Membership). Namun, penelitian
terdahulu mengenai hubungan antara strategi Loyalty Programs yang memicu
loyalitas merek masih terjadi inkonsistensi. Oleh karena itu, berdasarkan
fenomena serta kesenjangan penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
menjawab kesenjangan penelitian antara Loyalty Programs terhadap Brand
Loyalty pada konsumen Membership Starbucks melalui Perceived Product
Quality, hedonic value, Utilitarian Value, dan Communication Effectiveness.
Konsep model dikembangkan dari Loyalty Programs, Brand Loyalty,
Perceived Product Quality, hedonic value, Utilitarian Value, dan Communication
Effectiveness yang bersumber dari teori serta penelitian terdahulu. Data pada
penelitian ini didapatkan dari kuesioner daring yang terdiri atas pertanyaan
terbuka dan tertutup dengan jumlah responden sebanyak 185 orang. Responden
tersebut memiliki kriteria sebagai konsumen Membership Starbucks yang
berdomisili di Jawa Tengah. Hasil dari data kuesioner kemudian dianalisis secara
kuantitatif struktural dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation
Modelling) pada program AMOS (Analysis Moment of Structural) 24.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Perceived Product Quality,
hedonic value dan Communication Effectiveness memperkuat Loyalty Programs
terhadap Brand Loyalty yang menunjukan hasil signifikan dan positif. Perceived
Product Quality dan hedonic value berpengaruh signifikan terhadap Loyalty
Programs. Loyalty Programs dan Communication Effectiveness berpengaruh
signifikan terhadap Brand Loyalty. Terdapat penolakan hipotesis yang negatif dan
tidak signifikan yaitu antara variabel Utilitarian Value terhadap Loyalty
Programs. Implikasi manajerial yang bisa ditingkatkan dari Starbucks adalah
memberikan sistem rewards baru ataupun rewards tambahan untuk program
loyalitas mereka.
Keywords : | Perceived Product Quality, Hedonic Value, Utilitarian Value, Loyalty Programs, Communication Effectiveness, Brand Loyalty, Kualitas Produk yang Dirasakan, Nilai Hedonis, Nilai Utilitarian, Program Loyalitas, Efektivitas Komunikasi, Loyalitas Merek |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arilia Nurhafidha |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 08:13 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 08:13 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15623 |