ANWAR, Rafli Xavier and KUSUMAWARDHANI, Amie,(13 December 2024), THE EFFECT OF TRUST, SOCIAL INFLUENCE, AND HEALTH VALUE TOWARDS PURCHASE INTENTION OF HEALTH SUPPLEMENTS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (130kB)
Download (130kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Indonesia menghadapi masalah gizi seperti obesitas, wasting, dan
stunting, yang berkontribusi pada penyakit menular yang parah. Penelitian ini
bertujuan untuk memahami perilaku konsumen dalam menghadapi masalah
kesehatan ini dan mengembangkan strategi pemasaran yang kuat untuk industri
suplemen makanan. Faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli termasuk
kepercayaan, pengaruh sosial, dan nilai kesehatan. Terlepas dari pertumbuhan
ekonomi Semarang, malnutrisi mempengaruhi 1.361 orang di Jawa Tengah,
dengan tingkat obesitas meningkat dari 542 menjadi 4.520 orang pada tahun
2018. Anemia mempengaruhi 32% Generasi Z di Indonesia. Memahami perilaku
konsumen dalam isu kesehatan ini sangat penting untuk mengembangkan strategi
pemasaran yang kuat untuk suplemen kesehatan. Teori perilaku terencana
digunakan dalam penelitian ini untuk menyelidiki dampak kepercayaan, pengaruh
sosial, dan nilai kesehatan terhadap niat beli suplemen kesehatan.
Lebih lanjut, kelompok populasi yang ditargetkan dalam penelitian ini
adalah Generasi Z yang mungkin dan pernah membeli dan mengkonsumsi
suplemen kesehatan di Semarang. Dalam penelitian ini, penggunaan kuesioner
dimaksudkan untuk mengumpulkan data kuantitatif dalam jumlah yang cukup
besar. Sedangkan, jenis kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner tertutup, yang memiliki kemungkinan jawaban yang telah dipilih
sebelumnya dan mendorong partisipan untuk memilih jawaban yang paling sesuai
dengan pengetahuan atau perspektif mereka. Selain itu, pemodelan persamaan
struktural (SEM) dan alat analisis momen struktur (AMOS) digunakan untuk
menganalisis data yang dikumpulkan dari 181 responden di Semarang.
Temuan penelitian menyatakan bahwa kepercayaan, pengaruh sosial, dan
nilai kesehatan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap niat beli. Oleh
karena itu, dalam penelitian ini, semua hipotesis diterima. Selanjutnya, implikasi
manajerial dari penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan saran kepada
industri suplemen kesehatan untuk meningkatkan niat beli suplemen kesehatan
oleh masyarakat yang dapat dilakukan dengan menampilkan umpan balik dari
testimoni konsumen secara lebih sering dan transparan, melakukan kampanye
pemasaran yang menunjukkan bahwa produk mereka bermanfaat untuk
meningkatkan kesehatan individu, dan mengadakan seminar dan acara-acara
yang membahas tentang pentingnya kesehatan individu secara rutin.
Keywords : | Health Supplements, Health Issue, Theory of Planned Behavior (TPB), Trust, Social Influence, Health Value, Purchase Intention, Generation Z, Suplemen Kesehatan, Masalah Kesehatan, Teori Perilaku Terencana (TPB), Kepercayaan, Pengaruh Sosial, Nilai Kesehatan, Niat Beli, Generasi Z |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Rafli Xavier Anwar |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:53 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:53 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15679 |