Peran Interaksi Parasosial JKT48 New Era Sebagai Brand Ambassador Dalam Hubungan dengan Kredibilitas Influencer Sebagai Variabel Intervening Terhadap Niat Pembelian Produk Terafiliasi JKT48

PUTRA, Christian Dwi Tama and DIRGANTARA, I Made Bayu,(12 February 2025), Peran Interaksi Parasosial JKT48 New Era Sebagai Brand Ambassador Dalam Hubungan dengan Kredibilitas Influencer Sebagai Variabel Intervening Terhadap Niat Pembelian Produk Terafiliasi JKT48. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (138kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (199kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (249kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (221kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika interaksi antara JKT48 sebagai duta merek dan konsumen, serta untuk mengidentifikasi dampaknya terhadap persepsi konsumen terhadap merek tersebut. Penelitian ini dilakukan pada penggemar JKT48 dengan tujuan memperdalam pemahaman tentang bagaimana interaksi tersebut memengaruhi perilaku dan persepsi konsumen, dengan mempertimbangkan teori kesesuaian diri. Studi dilakukan pada penggemar JKT48 untuk memahami dinamika interaksi antara JKT48 sebagai duta merek dan konsumen serta dampaknya terhadap persepsi konsumen terhadap merek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei terhadap penggemar JKT48 di seluruh Indonesia dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis korelasi dan regresi pada data yang dikumpulkan dari para penggemar JKT48, penelitian ini mengeksplorasi sejauh mana interaksi parasosial dan kredibilitas influencer memengaruhi niat pembelian produk. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika hubungan antara duta merek, influencer, dan konsumen dalam konteks industri hiburan dan dampaknya terhadap perilaku konsumen dan persepsi merek. Analisis dilakukan secara holistik, mengintegrasikan variabel-variabel tersebut untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat pembelian dan persepsi merek dalam konteks yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi parasosial memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian produk. Temuan ini memberikan dasar yang kokoh bagi perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dengan memanfaatkan interaksi parasosial dan kerja sama dengan influencer. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang peran interaksi parasosial dalam membentuk persepsi konsumen terhadap merek, perusahaan dapat merancang kampanye pemasaran yang lebih tertarget dan relevan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memperkuat keterlibatan konsumen dan memperbaiki citra merek produk mereka. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi praktisi pemasaran dalam meningkatkan efektivitas upaya pemasaran mereka, sejalan dengan temuan-temuan dalam literatur terdahulu yang menyoroti pentingnya interaksi parasosial dalam konteks pemasaran.
Keywords : Parasocial Interactions, Brand Ambassadors, Influencer Credibility, Purchase intention, Marketing strategy, and Self Congruence Theory, Interaksi Parasosial, Duta Merek, Kredibilitas Influencer, Niat Pembelian, Strategi Pemasaran, dan Teori Kesesuaian Diri
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Christian Dwi Tama Putra
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:10
Last Modified: 12 Feb 2025 08:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15756

Actions (login required)

View Item
View Item