PREFERENSI MASYARAKAT DALAM BERSEDEKAH MENGGUNAKAN PLATFORM CROWDFUNDING: KITABISA.COM

NARADHISTA, Felicia Zalfa and FUADI, Ariza,(18 March 2025), PREFERENSI MASYARAKAT DALAM BERSEDEKAH MENGGUNAKAN PLATFORM CROWDFUNDING: KITABISA.COM. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (101kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (234kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi internet di Indonesia menunjukkan tren yang signifikan, dengan jumlah pengguna internet meningkat setiap tahun, mencapai sekitar 221,56 juta pada tahun 2024, setara dengan 79,5% dari total populasi. Penetrasi internet yang tinggi ini didorong oleh kemajuan infrastruktur dan regulasi yang mendukung pertumbuhan usaha digital. Salah satu inovasi yang muncul adalah crowdfunding, yang menawarkan metode baru untuk penggalangan dana secara online untuk kegiatan sosial dan kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang memengaruhi preferensi masyarakat bersedekah menggunakan platform crowdfunding Kitabisa.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif dengan metode analisis regresi poisson. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan accidental sampling dengan total sampel 100 responden masyarakat Kota Bekasi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner melalui platform google form dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empati, religiusitas, kepercayaan, dan pengaruh sosial berpengaruh secara simultan terhadap preferensi masyarakat menggunakan platform crowdfunding Kitabisa.com. Sedangkan secara parsial hanya kepercayaan dan pengaruh sosial yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi masyarakat menggunakan platform crowdfunding Kitabisa.com.
Keywords : Crowdfunding, Alms, Empathy, Religiosity, Trust, Social Influence, Crowdfunding, Sedekah, Empati, Religiusitas, Kepercayaan Pengaruh Sosial
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Felicia Zalfa Naradhista
Date Deposited: 16 May 2025 01:08
Last Modified: 16 May 2025 01:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16134

Actions (login required)

View Item
View Item