PELAWI, Emita Br and INDRIANI, Farida,(14 May 2025), PENGARUH BEAUTY INFLUENCER CREDIBILITY DAN CONTENT CHARACTERISTIC OF INFLUENCER’S POST TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DAN PURCHASE INTENTION (Studi pada Followers dari Beauty Influencer Tasya Farasya). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (251kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (259kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (258kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (238kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (250kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Industri kecantikan di Indonesia telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan yang pesat seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube sebagai media pemasaran. Fenomena ini memunculkan strategi pemasaran berbasis influencer, sehingga banyak merek yang berusaha mencari influencer yang tepat untuk berkolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis influencer credibility dan content characteristic dari postingan influencer yang dinilai mampu mempengaruhi Customer Engagement serta implikasinya terhadap Purchase Intention. Studi ini dilakukan pada pada followers dari beauty influencer Tasya Farasya. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui survei online dengan menggunakan Google Form. Kuesioner dibagikan kepada 157 responden, yang mengikuti akun media sosial dan mengakses konten produk kecantikan Tasya Farasya. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), yang kemudian diolah menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menemukan bahwa Source Expertise, Source Attractiveness, Content Design Quality, dan Content Creativity memiliki pengaruh signifikan terhadap Customer Engagement. Source Trustworthiness tidak berpengaruh signifikan terhadap Customer Engagement, serta peran Customer Engagement dalam memediasi hubungan antara source trusthworthiness dan Customer Engagement juga tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, Customer Engagement terbukti berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention, serta sebagian besar mediasi menunjukkan pengaruh tidak langsung yang signifikan. Temuan ini akan berkontribusi pada pemahaman mendalam tentang pemasaran digital berbasis beauty influencer.
Keywords : | Source Expertise, Source Trustworthiness, Source Attractiveness, Content Design Quality, Content Creativity, Customer Engagement, Purchase Intention, Beauty Influencer., Keahlian Sumber, Kepercayaan Sumber, Daya Tarik Sumber, Kualitas Desain Konten, Kreativitas Konten, Keterlibatan Pelanggan, Niat Pembelian, Influencer Kecantikan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Emita Br Pelawi |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 06:32 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:17 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16218 |