NURHALIZA, Siti and SOESANTO, Harry,(13 May 2019), STUDI TENTANG PERUBAHAN PREFERENSI KONSUMEN DALAM BELANJA OFFLINE KE ONLINE DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (65kB)
Download (65kB)
Text
Download (36kB)
Download (36kB)
Text
Download (38kB)
Download (38kB)
Text
Download (44kB)
Download (44kB)
Text
Download (429kB)
Download (429kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Kegiatan berbelanja bukan hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan
dan keinginan, tetapi juga dapat menghilangkan stress akibat rutinitas sehari-hari.
Perubahan pola perilaku konsumen yang terjadi saat ini adalah banyaknya kaum
muda dan milenial yang cenderung memilih berbelanja online daripada berbelanja
offline. Dalam hal ini, beberapa faktor yang mengubah preferensi konsumen
dalam belanja offline beralih ke belanja online seperti faktor persepsi manfaat,
kemudahan, persepsi harga, dan kepercayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah
menganalisis persepsi manfaat, kemudahan, dan persepsi harga terhadap minat
beli offline ke online dengan kepercayaan sebagai variabel intervening.
Penelitian ini ditujukan kepada masyarakat di Kota Semarang baik yang
menetap maupun domisili. Jumlah sampel dalam penelitian ini yakni sebanyak
150 responden. Dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner dan metode
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan
teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural
Equation Modelling (SEM), yang diestimasi dengan program AMOS 22.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepercayaan, kemudahan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepercayaan dan persepsi harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepercayaan. Selain itu diketahui bahwa kepercayaan terbukti
memediasi hubungan antara persepsi manfaat, kemudahan dan persepsi harga
terhadap minat beli offline ke online.
Keywords : | Perceived usefullness, Ease, and Perceived Price, Trust, Purchase Intention Offline to Online., Persepsi Manfaat, Kemudahan, Persepsi Harga, Kepercayaan, Minat Beli Offline ke Online. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Gunawan Gunawan |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 03:06 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 03:06 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1687 |