PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI MARKETPLACE OLX (Studi Kasus di Kota Semarang)

KURNIAWAN, Jodie and RAHARDJO, Susilo Toto,(6 June 2018), PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI MARKETPLACE OLX (Studi Kasus di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010111140240.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

E-commerce tumbuh menjadi industri dengan dinamika cepat dengan pertumbuhan dua digit setiap tahunnya, pemain bisnis sejenis tumbuh bak jamur dan mereka yang tidak kuat bersaing harus gulung tikar, namun yang bertahan dan punya strategi tepat justru bisa tumbuh hingga 3 digit setahun. OLX Indonesia yang sebelumnya bernama Tokobagus.com dan Berniaga.com merupakan situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring, yang merupakan tempat untuk mencari barang baru ataupun bekas berkualitas. Perputaran barang bekas di platform online dilansir bisa menjadi salah satu driver e-commerce karena perputarannya yang sangat cepat, tetapi ketidakoptimalan aplikasi OLX yang disebabkan seringkali terjadi trouble (tidak bisa atau sulit diakses) telah menurunkan kepercayaan konsumen, selain itu update aplikasi OLX dirasakan belum user friendly telah menjadikan Brand Image OLX semakin menurun dan diindikasikan menyebabkan semakin kurangnya keputusan konsumen dalam melakukan belanja kembali dengan menggunakan website OLX. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal yang dilakukan dalam bulan November 2017 kepada sebanyak 97 sampel responden masyarakat yang berdomisili di Kota Semarang yang pernah menggunakan dan pernah melakukan transaksi melalui aplikasi OLX.co.id yang ditentukan dengan metode Purposive Random Sampling. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan alat bantu SPSS 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepercayaan, Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Brand Image secara simultan terhadap Keputusan Pembelian konsumen dalam berbelanja online kembali melalui marketplace OLX.
Keywords : Trust, Perception of Ease of Use, Brand Image, Repurchasing Decision through marketplace OLX, Kepercayaan, Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Brand Image, Keputusan Pembelian Ulang melalui marketplace OLX
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 07 Feb 2020 03:35
Last Modified: 07 Feb 2020 03:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item
View Item