ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)

SAGALA, Winarti Monika,(16 June 2015), ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-12030111130034.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap agresivitas pajak perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan proksi Effective Tax Rates (ETR). Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Lanis dan Richardson (2012) dengan menggunakan 375 perusahaan non-keuangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2013 sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian dipilih dengan metode probability sampling dan diperoleh 125 perusahaan yang memenuhi kriteria. Data dianalisis menggunakan model analisis regresi ordinary least square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR suatu perusahaan, semakin rendah tingkat agresivitas pajaknya. Hasil ini mendukung teori legitimasi.
Keywords : corporate social responsibility, tax agressiveness, effective tax rates, corporate social responsibility, agresivitas pajak, effective tax rates
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:43
Last Modified: 25 Feb 2020 04:43
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item
View Item