HARDIYANTI, Neisha and YUNIAWAN, Ahyar,(9 January 2017), KOHESIVITAS GURU TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada SMP Negeri 2 Purwodadi). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of 1. S-Cover-12010112130175.PDF]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (88MB)
![[thumbnail of 4. S-Abstrak (Inggris)-12010112130175.PDF]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (88MB)
![[thumbnail of 5. S-Abstrak (Indonesia)-12010112130175.PDF]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (88MB)
![[thumbnail of 6. S-Daftar Isi-12010112130175.PDF]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (88MB)
![[thumbnail of 12. S-Daftar Pustaka-12010112130175.PDF]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (88MB)
![[thumbnail of 16. S=Fulltext PDF Bookmarks-120101112130175.PDF]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (89MB) | Request a copy
Abstract
Kompetensi Guru merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan
perilaku yang dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan
tugas keprofesionalannya. Banyak cara yang dilakukan untuk dapat meningkatkan
kompetensi guru salah satunya dengan kualitas kohesivitas guru. Kohesivitas guru
yang berkualitas mampu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran organisasi,
sehingga dapat berpengaruh pada kompetensi guru. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menjelaskan dan menganalisis lebih jauh mengenai pengaruh
kualitas kohesivitas guru terhadap kompetensi guru dengan kualitas pembelajaran
organisasi sebagai variabel intervening.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner dengan responden 50 guru SMP Negeri 2 Purwodadi, yang mana
responden tersebut merupakan jumlah seluruh populasi guru SMP Negeri 2
Purwodadi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda. Teknik pengujian data yang digunakan adalah dengan uji analisis jalur
dan uji sobel untuk menguji efek mediasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kohesivitas guru
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran organisasi.
Kemudian kualitas kohesivitas guru dan kualitas pembelajaran organisasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru. Selain itu, kualitas
pembelajaran organisasi dapat memediasi hubungan antara kualitas kohesivitas
guru terhadap kompetensi guru.
Keywords : | Teacher, Competence, Team Cohesiveness, Organizational Learning, Guru, Kompetensi, Kohesivitas Kelompok, Pembelajaran Organisasi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 05:00 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 05:00 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3141 |