WULANDARI, Nur and MUDIANTONO, Mudiantono,(4 April 2013), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( STUDI KASUS PADA KONSUMEN KOPIKITA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (24kB)
Download (24kB)
Text
Download (23kB)
Download (23kB)
Text
Download (22kB)
Download (22kB)
Text
Download (27kB)
Download (27kB)
Text
Download (28kB)
Download (28kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Seiring dengan pertumbuhan bisnis kuliner di Kota Semarang, menyebabkan
semakin tingginya tingkat persaingan yang dihadapi oleh KOPIKITA. Banyaknya
komplain yang diberikan konsumen kepada KOPIKITA mengindikasikan kurang
optimalnya kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen KOPIKITA.
Penelitian ini menguji tiga variabel independen yaitu kualitas produk, kualitas
pelayanan dan lokasi yang dapat mempengaruhi variabel dependen yaitu kepuasan
konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen KOPIKITA. Sampel diambil
sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non probability sampling dengan
pendekatan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey
melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Kemudian data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: Uji Validitas, Uji
Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (R^2).
Dari analisis regresi diperoleh persamaan sebagai berikut,
Y = 0,324 X1 + 0,305 X2 + 0,224 X3
variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan
konsumen sebesar 0,324, kemudian diikuti oleh variabel kualitas pelayanan sebesar
0,305. Sedangkan variabel lokasi mempunyai pengaruh paling rendah dibandingkan
variabel lain sebesar 0,224. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X), dan lokasi(X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasankonsumen (Y). Kemudian hasil analisis menggunakan uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2) dan lokasi (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan
konsumen (Y). Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 55%
variasi dari kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas produk, kualitas
pelayanan, dan lokasi. Sedangkan sisanya 45% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
terdapat dalam penelitian ini.
Keywords : | product quality, service quality,located consumer satisfaction, kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi, kepuasan konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2020 05:23 |
Last Modified: | 18 Apr 2020 05:23 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3785 |