METAYUNIKA, Vidya and SANTOSO, Suryono Budi,(7 May 2013), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN (TANGIBLE, RELIABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE, DAN EMPHATY) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Dealer Mitsubishi PT Bumen Redja Abadi Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (158kB)
Download (158kB)
Text
Download (128kB)
Download (128kB)
Text
Download (127kB)
Download (127kB)
Text
Download (156kB)
Download (156kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris
mengenai apakah variabel kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability,
responsiveness, assurance, dan emphaty berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen pada dealer Mitsubishi PT Bumen Redja Abadi Semarang
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan
program SPSS 16. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Semarang dengan
kriteria merupakan konsumen yang pernah membeli produk Mitsubishi di dealer
PT Bumen Redja Abadi Semarang selama tahun 2012. Sampel yang digunakan
sebanyak 100 orang terhadap masyarakat kota Semarang dengan metode
accidental sampling.
Hasil dari analisis regresi berganda yang telah dilakukan diperoleh hasil
yaitu, Y = 0,140 X1 + 0,115 X2 + 0,238 X3 + 0,145 X4 + 0,312 X5
. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel
emphaty (0,312), diikuti oleh variabel kualitas responsiveness (0,238), kemudian
variabel assurance (0,145), lalu variabel tangible (0,140) dan terakhir adalah
variabel reliability (0,115). Hasil uji t membuktikan bahwa semua variabel
independen (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty)
mempunyai pengaruh positif terhadap variable dependen yaitu kepuasan
konsumen. Koefisien determinasi (adjusted R^2) yang diperoleh sebesar 0,451. Hal
ini berarti 45,1% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel tangible,
reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty, dan sisanya yaitu 54,9%
dipengaruhi oleh variabel lain.
Keywords : | quality of service (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) and consumer satisfaction, kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) dan kepuasan konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2020 08:33 |
Last Modified: | 18 Apr 2020 08:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3813 |