PRIHANTONO, Udy Karya and INDRIANI, Farida,(2012), PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS FISIK DAN PROMOSI PADA KEPUASAN KONSUMEN TIGA ENAM CATERING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (28kB)
Download (28kB)
Text
Download (26kB)
Download (26kB)
Text
Download (30kB)
Download (30kB)
Text
Download (26kB)
Download (26kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (477kB)
Restricted to Repository staff only
Download (477kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh pengaruh
kualitas pelayanan, fasilitas fisik dan promosi terhadap kepuasan pelanggan. Pada
dasarnya tujuan dari suatu bisnis adalah untuk menciptakan para konsumen yang
merasa puas. Kepuasan konsumen merupakan hasil dari perbandingan antara harapan
dan kenyataan yang diterima oleh pelanggan dalam mengkonsumsi barang dan jasa.
Dalam usaha mendapatkan atau mempertahankan pelanggan perlu diperhatikan
kualitas pelayanan, fasilitas fisik dan promosi.
Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh pelanggan Tiga Enam Catering
Semarang. Populasi ini merupakan populasi tak terbatas karena tidak diketahui secara
pasti ukuran populasi sebenarnya dari pelanggan Tiga Enam Catering. Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method yaitu
pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Jumlah sampel adalah sebanyak 80
responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan
menggunakan kuesioner. Analisis data yg digunakan adalah analisis regresi linier
berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan hasil pengujian
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas fisik dan promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengujian secara bersama-sama
menggunakan uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama kualitas produk, harga,
dan lokasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai
koefisien determinasi sebesar 0,768 atau 76,8%. Hal ini berarti bahwa variabel
kualitas produk, harga dan lokasi memiliki kontribusi sebesar 76,8% terhadap
kepuasan pelanggan. Sedangkan sisanya sebesar 23,2 dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak termasuk dalam penelitian.
Keterbatasan penelitian ini adalah penelitian hanya menggunakan kuesioner
sebagai sumber data tidak menggunakan data yang sebenarnya, misalnya variabel
harga menggunakan nilai harga yang sebenarnya. Penelitian ini hanya terbatas dengan
menggunakan variabel kualitas layanan, harga, dan lokasi maka perlu dilakukan
penelitian dengan kombinasi variabel lain
Keywords : | servicequality, physical facilities, promotion, satisfaction, kualitas pelayanan, fasilitas fisik dan promosi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 11 May 2020 07:45 |
Last Modified: | 11 May 2020 07:45 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3995 |