ATSATALADA, Nanda and MUDIANTONO, Mudiantono,(7 August 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI PO SUMBER ALAM (Studi kasus pada penumpang bus Sumber Alam jurusan Yogyakarta-Jakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (700kB)
Download (700kB)
Text
Download (675kB)
Download (675kB)
Text
Download (674kB)
Download (674kB)
Text
Download (679kB)
Download (679kB)
Text
Download (724kB)
Download (724kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penurunan jumlah
konsumen dan beberapa pengaduan yang diterima oleh PO Sumber Alam pada
periode Januari 2011- Maret 2012 yang mengindikasikan menurunnya kepuasan
konsumen PO Sumber Alam. Dengan melihat permasalahan yang ada, maka
penelitian ini diarahkan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang
terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap
kepuasan konsumen dan dampaknya pada loyalitas konsumen PO Sumber Alam.
Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang penumpang PO Sumber Alam
jurusan Yogyakarta-Jakarta maupun arah sebaliknya. Pertanyaan diberikan
dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan tertutup dan terbuka.
Jawaban responden kemudian dianalisis dengan regresi 2 tahap menggunakan
program SPSS for Windows.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, disimpulkan bahwa bukti fisik, daya
tanggap, dan empati memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Sedangkan jaminan berpengaruh negatif terhadap kepuasan konsumen,
dan kehandalan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kemudian kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas konsumen. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai
informasi untuk PO Sumber Alam dan penelitian selanjutnya.
Keywords : | service quality, customer satisfaction, customer loyalty, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 02:21 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 02:21 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4365 |