ISKANDARSYAH, Donny and GHOZALI, Imam,(13 September 2012), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRESTASI MAHASISWA DALAM MEMPELAJARI MATAKULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH (Studi empiris pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Reguler di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro tahun angkatan 2009 dan 2010). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini merupakan hasil kombinasi dari hasil penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh Elaine Waples dan Musa Darayseh (2005), Savanid Vatanasakdakul dan Andi Choun (2010), dan Isni Ischayanti (2011). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi prestasi mahasiswa dalam mempelajari matakuliah Akuntansi Keuangan Menengah karena banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami matakuliah AKM sehingga secara langsung memengaruhi kemampuan mahasiswa tersebut dan nilai yang mereka dapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang: bagaimana teaching style (gaya mengajar dosen) AKM, assistance to students (asistensi kepada mahasiswa), course structure (struktur perkuliahan) AKM, dan fasilitas yang disediakan oleh pihak fakultas memengaruhi kemampuan mahasiswa dalam mempelajari matakuliah AKM di ruang lingkup jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Reguler FEB Undip, yaitu tahun angkatan 2009 dan 2010 yang telah mengambil matakuliah AKM II. Sedangkan yang menjadi sampel adalah mahasiswa jurusan Akuntansi Reguler FEB Undip yang telah mengambil matakuliah AKM II yang berjumlah 191 responden dan yang memenuhi persyaratan berjumlah 179 responden. Teknik penentuan sampel menggunakan formula Rea Parker dengan teknik pengumpulan informasi (data) berupa daftar pernyataan yang disebar dalam bentuk kuesioner.
Dari hasil penelitian, hipotesis dapat disimpulkan bahwa: pertama teaching style (gaya mengajar dosen) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa dalam mempelajari AKM, kedua assistance to students (asistensi kepada mahasiswa) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa dalam mempelajari AKM, ketiga course structure (struktur perkuliahan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa dalam mempelajari AKM, dan fasilitas belajar dan mengajar yang disediakan oleh fakultas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa dalam mempelajari AKM. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi empiris tentang persepsi mahasiswa dalam memahami matakuliah AKM selama ini dan juga dapat digunakan untuk memotivasi mahasiswa agar dapat memiliki integritas yang tinggi untuk dapat memahami AKM secara baik.
Keywords : | Intermediate Accounting, Teaching Style, Assistance to Students, Course Structure, Accounting Education, Students’ Performance, Akuntansi Keuangan Menengah, Gaya Mengajar Dosen, Asistensi kepada Mahasiswa, Struktur Perkuliahan, Pendidikan Akuntansi, Prestasi Mahasiswa |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 07:17 |
Last Modified: | 15 Jun 2020 07:17 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4737 |