ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PERPINDAHAN MEREK SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT. NUSANTARA SAKTI MOTOR SEMARANG

PRASETYO, Denny Eko and YUNIAWAN, Ahyar,(25 August 2011), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PERPINDAHAN MEREK SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT. NUSANTARA SAKTI MOTOR SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2C007057.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (962kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku perpindahan pada pelanggan merupakan suatu fenomena yang komplek yang dipengaruhi faktor-faktor keperilakuan, persaingan, dan waktu. Hal yang melatarbelakangi permasalahan bahwa brand equity produk Honda mengalami penurunan karena banyaknya konsumen yang melakukan perpindahan ke merek lain yang sejenis. Terbukti dengan menurunnya data penjualan yang dikeluarkan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dalam Harian Kompas selama tahun 2005 – 2009. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut produk, harga, iklan dan kepercayaan terhadap niat konsumen dalam melakukan perpindahan sepeda motor Honda pada PT. Nusantara Sakti Motor Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli sepeda motor Honda dengan cara kredit di PT. Nusantara Sakti Motor Semarang dari bulan April 2009 – April 2010 sejumlah 6.723 orang. Melihat jumlah populasi yang demikian besar, maka mengacu pada rumus Slovin diketahui jumlah sampel sebesar 100 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh atribut produk terhadap niat konsumen dalam melakukan perpindahan menunjukkan signifikan positif, artinya bahwa semakin variasi produk tersebut meningkat maka hal itu akan mempengaruhi niat konsumen untuk melakukan perpindahan. Hipotesis kedua menunjukkan harga terhadap niat konsumen dalam melakukan perpindahan adalah positif, artinya apabila harga mampu menarik perhatian konsumen, maka akan mempengaruhi meningkatnya niat konsumen dalam melakukan perpindahan. Pengaruh iklan terhadap niat konsumen dalam melakukan perpindahan adalah positif, artinya semakin iklan mampu menarik perhatian konsumen maka semakin meningkatkan niat konsumen dalam melakukan perpindahan merek. Hipotesis keempat, Pengaruh kepercayaan terhadap niat konsumen dalam melakukan perpindahan adalah negatif, artinya semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen, maka akan mempengaruhi menurunnya keputusan melakukan perpindahan merek.
Keywords : Product Attributes, Price, Advertising, Trust and Brand Switching Decision, Atribut Produk, Harga, Iklan, Kepercayaan dan Keputusan Perpindahan Merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:08
Last Modified: 26 Jun 2020 04:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5087

Actions (login required)

View Item
View Item