ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Alvi Mini Market di Jepara)

PURWANTO, Andi and INDRIANI, Farida,(25 August 2011), ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Alvi Mini Market di Jepara). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A607018.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada Alvi Mini Market Jepara. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan pada Alvi Mini Market Jepara. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan Alvi Mini Market yang pernah atau yang sering berbelanja di Alvi Mini Market Jepara. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Dari hasil analisis, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya valid. Dan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel kualitas layanan kemudian diikuti variabel harga. Variabel-variabel dependen pada penelitian ini sudah cukup baik dalam menjelaskan variabel independennya (kepuasan pelanggan). Saran penulis adalah agar Alvi Mini Market Jepara perlu mempertahankan hal-hal yang sudah dinilai baik oleh pelanggan dan memperbaiki yang dinilai oleh pelanggan masih kurang. Pengujian hipotesis ini dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa dari kedua variabel independen yang diteliti kedua variabel tersebut secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu pengaruh harga (X1) dan kualitas layanan (X2). Dalam uji F juga terbukti bahwa model yang digunakan untuk mejelaskan kepuasan pelanggan berpengaruh secara silimutan, karena nilai F hitung (13,738). Untuk koefisien determinasi (R2), diperoleh nilai adjusted R sebesar 0,211 yang artinya bahwa model yang digunakan hanya bisa menjelaskan kepuasan pelanggan sebesar 21,1% sedangkan sisanya sebesar 78,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Keywords : price, influence the price,service quality, customer satisfaction., pengaruh harga, kualitas layanan dan kepuasan pelanggan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:34
Last Modified: 26 Jun 2020 07:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item
View Item