ANALISISPENGARUH PROMOSI, KUALITAS JASA, DAN CITRA PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN IM3 DI KOTA SEMARANG

ADITYA, Rizqi and SANTOSA, Suryono Budi,(24 June 2011), ANALISISPENGARUH PROMOSI, KUALITAS JASA, DAN CITRA PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN IM3 DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A007109.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Promosi, Kualitas Jasa, dan Citra Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan IM3 di kota Semarang”, bertujuan untuk menjelaskan pengaruh promosi, kualitas jasa, dan citra produk terhadap loyalitas pelanggan. Dalam pengambilan sample, penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, yaitu teknik sampling yang tidak memberikan kesempatan sama bagi setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 96 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebanyak dua tahap. Tahap yang pertama dilakukan penyebaran sebanyak 30 kuesioner guna pengujian validitas dan reliabilitas. Kemudian dilanjutkan penyebaran sebanyak 96 kuesioner sesuai dengan jumlah sample yang telah ditetapkan guna kepentingan analisis. Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis kualitatif yang meliputi interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan, serta analisis kuantitatif yang meliputi meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji Goodness of Fit melalui uji F dan uji t serta analisis koefisien regresi (R2). Uji ini digunakan agar model regresi yang dihasilkantidak bias. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk mengukur validitas dan reliabilitas digunakan product moment Pearson dan cronbach’s alpha. Serta untuk melakukan pengujian analisis statistik digunakan alat bantu yaitu program SPSS 17.0. Berdasarkan hasil penelitian dan analsis data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : (1) Berdasarkan pada hasil analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan pada penelitian ini, didapat persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,352 X1 + 0,043 X2+ 0,536 X3 (2) Diketahui bahwa variabel citra produk (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen loyalitas pelanggan (Y). (3) Diketahui bahwa variabel promosi (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen loyalitas pelanggan (Y). (4) Diketahui bahwa kualitas jasa (X2) memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap variabel dependen loyalitas pelanggan (Y). Oleh karena itu IM3 diharapkan memprioritaskan kualitas jasa sebagai faktor yang butuh ditingkatkan untuk meraih loyalitas pelanggan yang lebih, serta menjaga dua faktor lain yaitu citra produk dan promosi tetap baik agar pelanggan tetap loyal menggunakan IM3
Keywords : Customer Loyalty, Promotions, QualityofService, Imageof Products, Loyalitas Pelanggan, Promosi, Kualitas Jasa, Citra Produk
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 03 Jul 2020 00:56
Last Modified: 03 Jul 2020 00:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5321

Actions (login required)

View Item
View Item