ADITYO, Benito and KHASANAH, Imroatul,(28 September 2011), ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ON LINE DI SITUS KASKUS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (121kB)
Download (121kB)
Text
Download (124kB)
Download (124kB)
Text
Download (123kB)
Download (123kB)
Text
Download (123kB)
Download (123kB)
Text
Download (127kB)
Download (127kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (641kB)
Restricted to Repository staff only
Download (641kB)
Abstract
Semakin meningkatknya akses masyarakat terhadap internet, khususnya pada
situs kaskus. Dimana dalam situs kaskus, disediakan ruang untuk bertransaksi jual
beli sebuah produk. Artinya ada fenomena mengenai pembelian produk melalui situs
on line kaskus yang berkembang di masyarakat. Adapun masalah penelitian ini
adalah “faktor-faktor apa sajakah yang dapat meningkatkan keputusan pembelian
produk secara online melalui situs kaskus ?”. Penelitian ini secara khusus menguji
tiga variabel yaitu kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi. Tujuan dari
penelitian ini adalah menganalisis pengaruh tiga variabel tersebut terhadap keputusan
pembelian produk secara online melalui situs kaskus.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data
dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang yang pernah melakukan
pembelian produk melalui situs kaskus yang diperoleh dengan menggunakan teknik
non-probability sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh
dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas
dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis
melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut
diperoleh persamaan regresi :
Y = 0,186 X1 + 0,387 X2 + 0,626 X3
Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), kepercayaan (X1), kemudahan (X2) dan
kualitas informasi (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa
ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi
variabel dependen keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui
bahwa variabel kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi memang layak untuk
menguji variabel dependen keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar
0,723 menunujukkan bahwa 72,3 persen variasi keputusan pembelian dapat
dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan
sisanya sebesar 27,7 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang
digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | buying decision, trust, ease of uses, information quality, keputusan pembelian, kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 02:23 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 02:23 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5343 |