AFIFAH, Rosi Nur and MUDIANTONO, Mudiantono,(30 September 2014), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Cabang Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (115kB)
Download (115kB)
Text
Download (115kB)
Download (115kB)
Text
Download (113kB)
Download (113kB)
Text
Download (122kB)
Download (122kB)
Text
Download (195kB)
Download (195kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena munculnya ketidakpuasan
konsumen yang ditunjukkan dengan terdapatnya keluhan pelanggan yang
merupakan efek dari ketidakpuasan mereka setelah melakukan perawatan
kecantikan di Larissa Aesthetic Center Cabang Semarang. Dengan melihat
permasalahan yang ada, maka penelitian ini diarahkan untuk menganalisis
mengenai bagaimana meningkatkan loyalitas pelanggan Larissa dengan didukung
peningkatan kualitas produk, kualitas pelayanan, promosi, dan kepuasan
konsumen.
Penelitian ini bermaksud menganalisa hubungan antara kualitas produk,
kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan konsumen untuk
meningkatkan loyalitas pelanggan, sebagai objek penelitian adalah konsumen
Larissa Aesthetic Center Cabang Semarang. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen berpengaruh
terhadap loyalitas pelanggan klinik kecantikan kulit secara parsial dan simultan.
Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan teknik purposive
sampling terhadap 75 orang responden yang sudah pernah menggunakan jasa
Larissa Aesthetic Center minimal 2 kali dan berusia minimal 18 tahun. Kriteria ini
dipilih karena responden yang telah melakukan perawatan minimal sebanyak 2
kali dianggap telah menjadi pelanggan setia yang telah sering melakukan
perawatan Larissa Aesthetic Center cabang Semarang. Jenis data yang digunakan
adalah data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data kuesioner.
Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi berganda yang terlebih dahulu
diuji dengan validitas dan reliabilitas.
Dari hasil analisis menggunakan regresi berganda dapat diketahui bahwa
variabel Kualitas Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2) dan Promosi (X3) secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y1),
Kepuasan Konsumen (Y1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan (Y2). Kualitas Produk (X1), dan Promosi (X3) berpengaruh tidak
signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) Larissa Aesthetic Center cabang
Semarang. Dan dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa variabel Kepuasan
Konsumen berpengaruh dalam memediasi antara Kualitas Produk dengan
Loyalitas Pelanggan (Y2), Kualitas Pelayanan (X2) dengan Loyalitas Pelanggan
(Y2), Promosi (X3) dengan Loyalitas Pelanggan (Y2).
Keywords : | Quality Products, Quality Service, Promotion, Customer Satisfaction and Customer Loyalty, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 02:44 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 02:44 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5350 |