RISTIANA, Nunung and RAHARDJA, Edy,(28 August 2012), PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU TIDAK TETAP (GTT) (Studi pada SD/MI Kabupaten Kudus). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (120kB)
Download (120kB)
Text
- Published Version
Download (122kB)
Download (122kB)
Text
- Published Version
Download (122kB)
Download (122kB)
Text
- Published Version
Download (125kB)
Download (125kB)
Text
- Published Version
Download (167kB)
Download (167kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (895kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (895kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja
Guru Tidak Tetap (GTT) tingkat SD/MI di kabupaten Kudus. Faktor – faktor tersebut yaitu
kompensasi, lingkungan kerja dan motivasi kerja. Guru yang memiliki motivasi kerja yang
tinggi akan memberikan dampak positif bagi institusi di lingkngan sekolah, sehingga tujuan
tersebut dapat tercapai.
Dalam penelitian ini ada tiga permasalahan yaitu apakah kompensasi, lingkungan
kerja, dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja para Guru Tidak Tetap tingkat SD/MI
di kabupaten Kudus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan memberikan kuesioner sebanyak 120 responden dari
Guru Tidak Tetap yang tersebar di berbagai wilayah di kabupaten Kudus. Analisis yang
digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis, dengan bantuan komputer
program SPSS versi 16 menggunakan analisis regresi linier.
Berdasarkan hasil perhitungan data dan analisis yang digunakan, diperoleh persamaan
regresi yaitu:
Y = 0,194 X1 + 0,179 X2 + 0,338 X3
Dengan menggunakan metode analisis regresi, dapat disimpulkan bahwa variabel
kompensasi ( X1 ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja GTT. Dengan
demikian berarti bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa kompensasi memiliki pengaruh
terhadap kinerja GTT dapat diterima ( Hipotesis 1 diterima ). Selain itu, terdapat pengaruh
positif dan signifikan terhadap variabel Lingkungan kerja ( X2 ) terhadap kinerja guru tidak
tetap. Secara simultan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
GTT. Ada juga pengaruh positif dan signifikan antara variable motivasi kerja (X3) terhadap
kinerja GTT. Secara simultan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja GTT .Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa kompensasi,
lingkungan kerja , dan Motivasi Kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja Guru
Tidak Tetap di tingkat SD/MI kabupaten Kudus.
Keywords : | unconstant teachers’ performance, compensation, work environment, work motivation., kinerja karyawan, kompensasi, lingkungan kerja, dan motivasi kerja |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 08:30 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 08:30 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5601 |