ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN WAROENG TAMAN SINGOSARI DI SEMARANG

KUSUMAH, Ridwan Zia and INDRIANI, Farida,(28 April 2011), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN WAROENG TAMAN SINGOSARI DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A007105.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena semakin berkembangnya usaha bisnis food service di Kota Semarang yang ikut mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, terutama pada pemilihan tempat makan menjadi latar belakang dari penelitian ini. Secara khusus, penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sebuah model untuk menganalisis keputusan pembelian konsumen terhadap produk makanan dan minuman di Restoran Waroeng Taman Singosari Semarang atau yang dikenal dengan nama Watasi dimana restoran ini mengalami fluktuasi penjualan yang cenderung kearah penurunan dari bulan Januari 2010 hingga bulan Januari 2011. Oleh sebab itu, yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana cara meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk di Restoran Waroeng Taman Singosari?“. Dua variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan dipilih dalam penelitian ini. Pada dasarnya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedua variabel independen tersebut terhadap perilaku keputusan pembelian Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner yang menggunakan teknik accidental sampling (bagian dari metode non-probability sampling) terhadap 96 consumer yang secara kebetulan sedang berada di Watasi. Analisis terhadap data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji Goodness of Fit melalui uji F dan uji t serta analisis koefisien regresi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan-keterangan dan penjelasan-penjelasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dan juga berpengaruh positif secara individual terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman di Restoran Waroeng Taman Singosari, dimana kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling dominan dengan nilai 47,8 %.
Keywords : Purchasing Decision, Product Quality, Service Quality, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 13 Jul 2020 03:33
Last Modified: 13 Jul 2020 03:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5742

Actions (login required)

View Item
View Item