PUTRA, Afif Raihan Andika and MUDIANTONO, Mudiantono,(18 June 2014), ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK PESAN IKLAN, PERSEPSI KEMANFAATAN, CITRA MEREK PADA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Kasus pada Media Sosial Twitter @infoUNDIP atau Info Undip Media). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (119kB)
Download (119kB)
Text
Download (101kB)
Download (101kB)
Text
Download (103kB)
Download (103kB)
Text
Download (109kB)
Download (109kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap pembentukan brand awareness pada media sosial twitter
yakni studi kasus pada Info Undip Media atau media sosial twitter @infoUNDIP.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah beralihnya media konvensional ke
berbagai media serba digital juga didorong dengan cost yang lebih ringan pada
media digital sehingga lebih dpertimbangkan dan diperhitungkan. Variabel
independent pada penilitian ini terdiri dari Daya Tarik Pesan Iklan (X1), Persepsi
Kemanfaatan (X2), dan Citra Merek (X3) serta variabel dependentnya adalah
Brand Awareness (Y).
Sampel berjumlah 100 responden yang diambil dengan menggunakan
teknik Purposive sampling. Analisa menggunakan SPSS 16.0 yang meliputi, uji
reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian
hipotesis melalui uji F dan uji t,serta analisis koefisien determinasi (R²). Dari
analisis tersebut diperoleh persamaan regresi :
Y = 0,396 X1 + 0,466 X2 + 0,179 X3
Persepsi kemanfaatan menunjukkan koefisien regresi paling besar.
Persepsi Kemanfaatan adalah faktor paling penting yang mempengaruhi
pembentukan brand awareness pada media sosial twitter. Faktor penting kedua
adalah Daya Tarik Pesan Iklan kemudian Citra Merek sebagai faktor ketiga yang
berpengaruh terhadap pembentukan brand awareness pada media sosial twitter.
Koefisien determinasinya (adjusted R2) sebesar 0,449 atau 44,9 persen artinya
model koefisien determinasi sudah cukup bagus. Ketiga variabel independen
dalam penelitian ini dapat menjelaskan 44,9 persen dari variabel brand
awareness. Sedangkan sisanya sebesar 55,1 persen dijelaskan oleh variabel lain di
luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | Fascination Message Advertising , Perceived usefulness , Brand Image , Brand Awareness, Daya Tarik Pesan Iklan, Persepsi Kemanfaatan, Citra Merek, Brand Awareness |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 04:59 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 04:59 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5883 |