ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK PESAN IKLAN, PERSEPSI KEMANFAATAN, CITRA MEREK PADA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Kasus pada Media Sosial Twitter @infoUNDIP atau Info Undip Media)

PUTRA, Afif Raihan Andika and MUDIANTONO, Mudiantono,(18 June 2014), ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK PESAN IKLAN, PERSEPSI KEMANFAATAN, CITRA MEREK PADA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Kasus pada Media Sosial Twitter @infoUNDIP atau Info Undip Media). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmark-12010110120022.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan brand awareness pada media sosial twitter yakni studi kasus pada Info Undip Media atau media sosial twitter @infoUNDIP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah beralihnya media konvensional ke berbagai media serba digital juga didorong dengan cost yang lebih ringan pada media digital sehingga lebih dpertimbangkan dan diperhitungkan. Variabel independent pada penilitian ini terdiri dari Daya Tarik Pesan Iklan (X1), Persepsi Kemanfaatan (X2), dan Citra Merek (X3) serta variabel dependentnya adalah Brand Awareness (Y). Sampel berjumlah 100 responden yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Analisa menggunakan SPSS 16.0 yang meliputi, uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t,serta analisis koefisien determinasi (R²). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi : Y = 0,396 X1 + 0,466 X2 + 0,179 X3 Persepsi kemanfaatan menunjukkan koefisien regresi paling besar. Persepsi Kemanfaatan adalah faktor paling penting yang mempengaruhi pembentukan brand awareness pada media sosial twitter. Faktor penting kedua adalah Daya Tarik Pesan Iklan kemudian Citra Merek sebagai faktor ketiga yang berpengaruh terhadap pembentukan brand awareness pada media sosial twitter. Koefisien determinasinya (adjusted R2) sebesar 0,449 atau 44,9 persen artinya model koefisien determinasi sudah cukup bagus. Ketiga variabel independen dalam penelitian ini dapat menjelaskan 44,9 persen dari variabel brand awareness. Sedangkan sisanya sebesar 55,1 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : Fascination Message Advertising , Perceived usefulness , Brand Image , Brand Awareness, Daya Tarik Pesan Iklan, Persepsi Kemanfaatan, Citra Merek, Brand Awareness
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 16 Jul 2020 04:59
Last Modified: 16 Jul 2020 04:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5883

Actions (login required)

View Item
View Item