Analisis Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Hedonic Shopping Motives Yang Mempengaruhi Impulse Buying Dalam Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro)

LUTHFIANA, Revalia and MUDIANTONO, Mudiantono,(9 March 2014), Analisis Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Hedonic Shopping Motives Yang Mempengaruhi Impulse Buying Dalam Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-12010110141102.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan jaman globalisasi yang membuat kebutuhan manusia semakin bertambah banyak. Teknologi internet menjadi salah satu kebutuhan manusia yang saat ini digunakan untuk memasarkan produk. Perusahaan kecil, sedang maupun besar tidak ragu lagi dalam menjaring konsumennya dengan menggunakan internet. Alur pemasaran suatu produk dari produsen ke konsumen tidak lagi dibatasi oleh ruang, waktu maupun jarak. Teknologi internet menjadi berkembang pesat dan pada akhirnya menjadikan semakin ketatnya persaingan pemasaran bagi produsen di Indonesia maupun global. Perilaku konsumen Indonesia sangatlah unik, sebagian besar konsumen Indonesia membelanjakan uang mereka secara online dan mengalami impulse buying (pembelian tak terencana) saat berbelanja. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswi Fakultas Ekonomika Dan Bisinis yang pernah melakukan pembelian secara online. Penelitan ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan hedonic shopping motives yang mempengaruhi impulse buying dalam pembelian secara online. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan kuisioner terhadap 100 orang responden yang diambil secara purposive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda yaitu, Y= 0,296 X1+0,343X2+0,244X3. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel promosi (0,343), diikuti oleh variabel kualitas pelayanan (0,296), dan yang terakhir adalah variabel hedonic shopping motives (0,244). Hasil uji t membuktikan semua variabel independen (kualitas pelayanan, promosi, hedonic shopping motives) memiliki pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu impulse buying pada pembelian secara online. Dan koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh adalah sebesar 0,596. Hal ini berarti 59,6% variabel impulse buying dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, promosi, hedonic shopping motives sedangkan sisanya yaitu 40,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords : Quality of Service, Promotion, Hedonic Shopping Motives, and Impulse Buying, Kualitas Pelayanan, Promosi, Hedonic Shopping Motives, Dan Impulse Buying.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 23 Jul 2020 15:31
Last Modified: 23 Jul 2020 15:31
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6262

Actions (login required)

View Item
View Item